nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Check-In Penerbangan Bandara Hong Kong Ditunda untuk Hari Kedua Berturutan

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 13 Agustus 2019 18:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 13 18 2091476 check-in-penerbangan-bandara-hong-kong-ditunda-untuk-hari-kedua-berturutan-l3VfNjgVGI.jpg Foto: AFP.

HONG KONG - Check-in penerbangan kembali ditunda di Bandara Internasional Hong Kong untuk hari kedua berturut-turut karena demonstrasi anti-pemerintah yang terjadi. Bandara yang merupakan salah satu bandara tersibuk di dunia itu telah menjadi lokasi demonstrasi selama lima hari terakhir.

Sebelumnya, Pemimpin Hong Kong, Carrie Lam mengeluarkan peringatan baru kepada para demonstran, mengatakan bahwa kota itu berada dalam situasi yang berbahaya.

"Situasi di Hong Kong dalam sepekan terakhir telah membuat saya sangat khawatir, kita telah mencapai situasi berbahaya," kata Lam dalam konferensi pers pada Selasa.

BACA JUGA: Pemimpin Hong Kong: Aturan Hukum Rusak, Pemulihan Kota Bisa Berlangsung Lama

Meski telah mengumumkan membuka kembali bandara, dengan kerumunan demonstran yang terus berkumpul pada Selasa, pejabat bandara Hong Kong mengumumkan bahwa semua check-in ditangguhkan dari pukul 16.30 waktu setempat.

Dalam pernyataan di laman resmi bandara yang dilansir BBC, Selasa (13/8/2019) para penumpang yang belum melalui pemeriksaan keamanan disarankan untuk meninggalkan bangunan terminal “sesegera mungkin”. Video di media sosial menunjukkan penumpang berjuang untuk melewati para demonstran, yang duduk di dalam bandara menghalangi keberangkatan.

Foto: AFP.

Sebelum pengumuman pembatalan, foto-foto dari dalam bandara tampak menunjukkan para demonstran menggunakan troli bagasi untuk membangun barikade dan membuat beberapa wisatawan tertekan pada gangguan tersebut.

Gangguan yang terjadi pada Senin, 12 Agustus telah membuat ratusan penerbangan di bandara dibatalkan. Beberapa maskapai, termasuk Cathay Pacific bahkan telah membatalkan puluhan penerbangannya sebelum pengumuman pada Selasa.

BACA JUGA: Semua Penerbangan Dibatalkan Imbas 5 Ribu Pedemo Kepung Bandara Hong Kong

Masih belum jelas sejauh mana situasi di bandara akan mempengaruhi ketibaan pesawat di sana.

Kerusuhan massal telah mengguncang Hong Kong selama 10 pekan dan tidak menunjukkan tanda-tanda mereda.

Demonstrasi itu dimulai sebagai reaksi atas RUU ekstradisi yang sekarang telah ditangguhkan, tetapi telah berkembang menjadi gerakan pro-demokrasi dan anti-Beijing. Protes dipicu oleh ketakutan bahwa kebebasan yang dinikmati Hong Kong sebagai wilayah administratif khusus China tengah dikikis.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini