nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jenazah Anggota Satgas Gakkum Polda Papua Akan Dipulangkan ke Sulsel

Herman Amiruddin, Jurnalis · Selasa 13 Agustus 2019 03:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 13 609 2091117 jenazah-anggota-satgas-gakkum-polda-papua-akan-dipulangkan-ke-sulsel-Eanb8tIgZd.JPG Briptu Hedar jadi korban penembakan KKB di Papua (Foto: Ist)

MAKASSAR - Jenazah personel Satgas Gakkum wilayah Ilaga, bernama Briptu Hedar yang tewas setelah diculik KKSB OPM, akan dipulangkan ke kampung halamannya di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Briptu Hedar ditemukan tewas oleh Satgasus Nemangkawi Polda Papua usai terjadi penyerangan di Kampung Mudidok, Kabupaten Puncak Jaya, Papua. Jenazah korban ditemukan tidak jauh dari lokasi pengadangan.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, rencananya jenazah akan dievakuasi besok ke Mimika. Selanjutnya akan dilakukan proses visum di Rumah Sakit Mimika.

"Itu atas permintaan keluarga korban, jenazah akan dikebumikan di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan," kata Dicky kepada Okezone, Senin (12/8/2019) malam.

Informasi tewasnya Briptu Hedar didapat dari Polda Papua, Senin sore sekira pukul 15.30 WIT. Korban bertugas di Dit Reskrimum Polda Papua yang bergabung dengan Satgas Gakkum. "Korban tewas dikarenakan disandera dan ditembak," kata Dicky.

Dicky menjelaskan, sebelum tewas, Briptu Hedar mendapat informasi dari Yambi Mayu (KKB Puncak Jaya) bahwa Yambi Mayu membutuhkan kopi dan gula. Selanjutnya, Bripka Alfonso Wakum (Satgas-i) dan Briptu Heidar (Satgas Gakkum) menuju lokasi camp PT Unggul di bawah Kampung Mudidok, Kabupaten Puncak menggunakan sepeda motor untuk bertemu dengan Yambimayu Telenggen.

"Dengan tujuan untuk mencari informasi terkait rencana pergerakan KKB di Ilaga yang kebetulan Briptu Hedar sebelumnya sudah sering melakukan penggalangan dengan Yambi Mayu di Puncak Jaya," jelas Dicky

Namun saat sampai turunan jalan camp PT Unggul, Briptu Heidar dipanggil oleh seseorang yang dikenalnya saat di Kampung Usir, Kabupaten Puncak Jaya.

Sehingga Bripka Wakum dan Briptu Heidar berhenti, selanjutnya Briptu Heidar berbicara dengan orang tersebut sedangkan Bripka Wakum baru mau memarkirkan motornya. Tiba-tiba saja dari semak belukar muncul 10 orang dengan senjata lengkap yang kemudian menembak ke arah Bripka Wakum yang langsung melompat berlindung di semak-semak.

"Tapi saat itu sempat melihat Briptu Heidar diseret ke dalam semak-semak," tutur Dicky.

Kemudian Bripka Wakum kembali dan melaporkan Posko induk Satgas Nemangkawi di Kago, Kabupaten Puncak. Sekitar Pukul 15.30 WIT, posko mendapat informasi dari masyarakat bahwa Heidar ditemukan di jembatan dekat lokasi penembakan.

"Pada pukul 16.00 WIT tim melaksanakan evakuasi jenazah dan selanjutnya dibawa di Puskemas Ilaga," tutupnya. (put)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini