nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

China Tolak Kunjungan Kapal Angkatan Laut AS ke Hong Kong

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 14 Agustus 2019 13:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 14 18 2091758 china-tolak-kunjungan-kapal-angkatan-laut-as-ke-hong-kong-bcFvzxRkze.jpg Foto: AFP.

WASHINGTON – China telah menolak permintaan dua kapal angkatan laut Amerika Serikat (AS) untuk berlabuh dan berkunjung ke Hong Kong dalam beberapa pekan mendatang. Hal itu diungkapkan beberapa pejabat AS seiring dengan meningkatnya krisis politik di kota bekas koloni Inggris itu.

Dikutip Reuters, para pejabat yang tidak mau disebutkan namanya, mengatakan bahwa kapal transportasi dermaga USS Green Bay telah meminta untuk berkunjung akhir bulan ini, sementara kapal penjelajah berpeluru kendali USS Lake Erie telah meminta untuk mengunjungi pada September.

BACA JUGA: Donald Trump Komentari Demo Hong Kong: Saya Harap Tidak Ada yang Terluka dan Tewas

Salah seorang pejabat mengatakan bahwa tidak ada alasan tertentu yang diberikan terkait penolakan tersebut, tetapi tindakan seperti itu bukan yang pertama kalinya terjadi. Terakhir kali Cina menolak kunjungan kapal AS ke pelabuhan ke Hong Kong adalah untuk kapal serbu USS Wasp pada September 2018.

Sebelumnya, kapal komando amfibi USS Blue Ridge melakukan kunjungan pelabuhan ke Hong Kong pada April 2019.

BACA JUGA: Situasi Memanas, Pemerintah Indonesia Umumkan Imbauan Perjalanan ke Hong Kong

Penolakan itu disampaikan di saat polisi dan demonstran yang melakukan unjuk rasa anti-Beijing bentrok di bandara internasional Hong Kong pada Selasa. Aksi para demonstran membuat penerbangan di bandara terganggu selama dua hari berturut-turut.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini