nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pipa Pertamina Terbakar, Warga Sempat Diminta Keluar Rumah

Amir Sarifudin , Jurnalis · Kamis 15 Agustus 2019 12:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 15 340 2092173 pipa-pertamina-terbakar-warga-sempat-diminta-keluar-rumah-miIEpm0Bg0.jpg Pipa Pertamina Kebakaran (Foto: Amir/Okezone)

BALIKPAPAN - Area kilang Pertamina RU V Balikpapan, Kalimantan Timur mengalami kebakaran yang terjadi di ruang pompa pada pukul 09.30 Wita. Alhasil api langsung membesar dan memunculkan kepanikan bagi warga yang tinggal persis tak jauh dari lokasi kejadian.

Warga kawasan Pandan Sari sontak terkejut melihat api dan asap tebal di udara. Mereka pun diminta untuk keluar rumah terlebih dahulu guna berjaga-jaga. Sementara itu para petugas dan relawan pun ikut membantu berada di tengah-tengah masyarakat.

Informasi sementara kejadian terjadi di salah satu pipa di dalam area kilang RU V Balikpapan. Masih belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran lantaran kejadian terjadi begitu cepat dan api langsung membesar.

"Kebakaran terjadi di salah satu pipa di dalam area kilang RU V balikpapan. Percikan Api di duga muncul sekitar pukul 9.30 WITA saat dilakukan perbaikan pipa," kata Humas Pertamina Kalimantan, Heppy Wulansari.

Kebakaran
(Foto: Ilustrasi Kebakaran)

Baca Juga: Kilang Minyak Terbakar, 8 Karyawan Terluka dan Ribuan Warga Dievakuasi

Kebakaran sejatinya smpat berhasil dipadamkan namun rupanya api kembali muncul dan kembali menyala. Jajaran pemadam dari Pertamina RU V pun langsung melakukan proses pemadaman dengan mengerahkan 4 unit dan 1 unit trailer foam.

"Untuk saat ini lokasi api sudah dilokalisir dan jalur api utama berhasil dipadamkan. Hingga saat ini masih belum diperlukan evakuasi dan pemadaman bisa di tanggulangi oleh Pertamina," katanya.

Sebelum kejadian warga RT 39 Kelurahan Karang Jati, Kecamatan Balikpapan Tengah mengaku heran melihat asap hitam mengepul dari area kilang yang berbatasan langsung dengan pemukiman warga.

Awalnya warga mengira asap hitam tersebut lantaran adanya kegiatan pemeliharaan kilang minyak, namun rupanya warga diingatkan oleh petugas dan Ketua RT setempat bahwa telah terjadi kebakaran di dalam area kilang.

"Ya mas, saya kira pemeliharaan ternyata ada kebakaran. Karena memang kita diberitahu sebelumnya kalau ada pemeliharaan bulan ini makanya kami awalnya kira kegiatan itu, sekalinya kebakaran," tutur Ana, warga sekitar.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini