nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Catut Nama Pejabat Polda Jatim, 2 Penipu Ditangkap

Syaiful Islam, Jurnalis · Kamis 15 Agustus 2019 22:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 15 519 2092428 catut-nama-pejabat-polda-jatim-2-penipu-ditangkap-zRqJYmK70U.jpg 2 Penipu yang ditangkap Polda Jatim (foto: Saiful/Okezone)

SURABAYA - Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim meringkus dua warga asal Jawa Barat. Pasalnya, kedua warga ini nekat melakukan penipuan dengan mencatut nama pejabat Polda Jatim, Wadirreskrimsus, AKBP Arman Asmara.

Identitas kedua tersangka masing-masing bernama Stevanus Abraham Antonie (41) warga asal Bekasi, dan Heri Irawan (28) warga asal Purwakarta. Kini kedua tersangka dijebloskan dalam tahanan Mapolda Jatim.

Dari tangan kedua tersangka, polisi menyita uang senilai Rp1 juta, empat HP, dua ATM, serta 12 simcard sebagai barang bukti (BB). Kedua tersangka akan dijerat dengan Pasal 28 ayat 1 JO Pasal 45 ayat 1 UU RI No 19 Tahun 2016 atas perubahan tentang UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

 Penangkapan

Kanit III Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim, AKP Harianto Rantaselu menjelaskan tersangka melakukan penipuan online lewat WA kepada Rianto, warga Gresik pada Mei 2019. Saat itu tersangka menawarkan barang berupa tembaga yang didapatkan dari lelang barang dengan harga Rp50 ribu per kg dengan jumlah sekitar 5 ton 7 kwintal.

"Adapun total harga keseluruhannya senilai Rp285 juta, dan disepakati oleh korban. Lalu tersangka HI yang mengaku AKBP Arman menyuruh tersangka SAA yang mengaku Kompol Stevanus untuk mengirim norek atas nama Stevanus," terang Harianto, Kamis (15/8/2019).

Kemudian korban menstransfer uang sebesar Rp47 juta yang dilakukan 2 kali transfer. Untuk transfer pertama sebesar Rp25 juta, dan transfer yang kedua Rp22 juta. Setelah uang ditransfer, tersangka SAA menyatakan pada korban barang akan dikirim.

"Namun setelah mendapatkan kiriman uang, ponsel tersangka dimatikan. Kemudian korban melaporkan aksi penipuan ini pada polisi, dan kedua tersangka berhasil ditangkap," tandas Harianto.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini