nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

China Tidak Akan Duduk Manis jika Situasi Hong Kong Memburuk

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Jum'at 16 Agustus 2019 15:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 16 18 2092812 china-tidak-akan-duduk-manis-jika-situasi-hong-kong-memburuk-obEgoMICtl.jpg Pedemo pro-demokrasi Hong Kong. Foto/Reuters

LONDON - Duta Besar China untuk London memperingatkan bahwa negaranya akan menggunakan kekuatan militer untuk memadamkan protes Hong Kong jika situasinya semakin memburuk.

"Pemerintah pusat tidak akan duduk dan menonton," kata Liu Xiaoming mengutip Reuters, Jumat (16/8/2019).

Foto/AFP

Ia mengatakan China mempunyai solusi dan kekuatan menggunakan Undang-Undang Dasar untuk menumpas protes di Hong Kong.

Baca juga: Trump Yakin Presiden China Xi Jinping Bisa Selesaikan Masalah Hong Kong dengan Manusiawi

Baca juga: China Sebut Aksi Pedemo di Bandara Hong Kong seperti Teroris

Dalam konstitusi Hong Kong, pemerintah setempat bisa memita bantuan pasukan paramiliter China untuk membantu menjaga ketertiban.

"Pemerintah pusat China tidak akan pernah membiarkan beberapa pelanggar yang menggunakan kekerasan menyeret Hong Kong ke jalur berbahaya," kata Liu.

Foto/Reuters

Edisi Jumat tabloid Global Times yang dikontrol China juga memperingatkan bahwa China memiliki opsi untuk "campur secara paksa" dan mengecam campur tangan Amerika Serikat (AS) di Hong Kong.

"Jika Hong Kong tidak dapat memulihkan aturan hukum dengan sendirinya dan kerusuhan semakin meningkat, sangat penting bagi pemerintah pusat untuk mengambil tindakan langsung berdasarkan pada Undang-Undang Dasar," tulisnya.

Foto/Twitter

Tabloid itu mengatakan bahwa situasi di Hong Kong tidak akan menjadi seperti peristiwa Tiananmen 4 Juni pada 1989. Pada saat itu militer China dikerahkan untuk meredam aksi demonstrasi pro-demokrasi yang menewaskan ribuan orang.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini