nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PM Italia Giuseppe Conte Umumkan Pengunduran Diri

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 21 Agustus 2019 14:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 21 18 2094790 pm-italia-giuseppe-conte-umumkan-pengunduran-diri-KUfCPQU3KE.jpg Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte. (Foto: Reuters)

ROMA – Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte telah menyatakan pengunduran dirinya menyusul perpecahan dalam koalisi pemerintah dan serangan kata-kata yang tajam yang ia lontarkan terhadap Menteri Dalam Negeri Matteo Salvini. Pengunduran diri Conte menambah parah krisis politik yang saat ini terjadi di Italia.

Salvini yang merupakan pimpinan Partai Liga Utara Italia, rekan koalisi Conte, telah melontarkan mosi tidak percaya terhadap Conte. Salvini juga mengatakan bahwa dia tidak dapat lagi bekerja sama dengan mitra koalisi dari Gerakan Bintang Lima (Five Star Movement) yang bersama Partai Liga Utara membentuk pemerintahan Italia.

BACA JUGA: Menteri Sayap Kanan Italia Tuai Kecaman Gara-Gara Sambangi Israel

Partai Liga Utara dan Gerakan Bintang Lima membentuk koalisi untuk memerintah Italia 14 bulan lalu dengan Conte sebagai perdana menteri Independen.

Conte mengatakan Salvini telah bertindak secara "tidak bertanggung jawab" dalam menciptakan krisis politik baru bagi Italia untuk "kepentingan pribadi dan partainya". Conte memperingatkan bahwa Salvini telah merusak fungsi pemerintah Italia, "yang berhenti di sini".

"Adalah tidak bertanggung jawab untuk memulai krisis pemerintahan. Ini menunjukkan kepentingan pribadi dan partai," kata Conte sebagaimana dilansir BBC, Rabu (21/8/2019).

Dia juga mengkritik Salvini karena "menggabungkan slogan-slogan politik dan simbol-simbol agama pada aksi unjuk rasa," menyebut tindakan itu "tidak bermoral".

"Saya mengambil kesempatan ini untuk mengumumkan bahwa saya akan mengajukan pengunduran diri saya sebagai kepala pemerintahan kepada presiden republik ini," tambahnya.

"Saya mengambil kesempatan ini untuk mengumumkan bahwa saya akan mengajukan pengunduran diri saya sebagai kepala pemerintahan kepada presiden republik ini," tambahnya.

BACA JUGA: Mendagri Kontroversial Italia Diputuskan Pacar Lewat Foto Mesra di Instagram

Presiden Italia Sergio Mattarella menerima pengunduran diri Conte dan akan mulai berkonsultasi dengan para pemimpin partai pada Rabu. Mattarella telah meminta Conte untuk tetap menjabat sementara diskusi berlanjut.

Jika tidak ada kemauan politik untuk membentuk pemerintahan baru, presiden akan membubarkan parlemen dan mengadakan pemilihan umum lebih awal.

Meski Salvini unggul dalam pemilihan, dia tidak mungkin memiliki cukup dukungan untuk menjadi perdana menteri. Pada Selasa, Salvini mengindikasikan bahwa dia siap untuk bekerja dengan mitra koalisinya untuk mengamankan reformasi anggaran menjelang pemilihan awal.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini