nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Hong Kong Tangkap Demonstran Berusia 12 Tahun

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 26 Agustus 2019 12:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 26 18 2096634 polisi-hong-kong-tangkap-demonstran-berusia-12-tahun-zhO8QFcxJi.jpg Sejumlah polisi Hong Kong mengejar pedemo pro-demokrasi. (Foto/Reuters)

HONG KONG - Polisi Hong Kong menangkap 36 demonstran, salah satu di antaranya berusia 12 tahun imbas unjuk rasa massa pro-demokrasi yang terjadi pada Sabtu dan Minggu lalu.

Protes massa anti-pemerintah China berlangsung ricuh. Saat itu, enam petugas mengeluarkan pistol mereka dan melepaskan tembakan peringatan ke udara.

"Meningkatnya aksi ilegal dan rusuh oleh pemrotes bukan hanya membuat marah, tapi mereka juga mendorong Hong Kong ke tebing situasi yang sangat berbahaya," kata pemerintah mengutip Reuters, Senin (26/8/2019).

Baca juga: Polisi Tembakkan Senjata dan Meriam Air Bubarkan Pedemo Hong Kong

Baca juga: Massa Pro-Demokrasi Hong Kong Bergandeng Tangan Bentuk Rantai Manusia

Foto/Reuters

Polisi mengatakan mereka telah menangkap 29 pria dan tujuh perempuan, yang berusia 12 sampai 48 tahun, karena pelanggaran termasuk berkumpul secara tidak sah, memiliki senjata serang dan menyerang petugas polisi.

Bentrokan pada Sabtu dan Ahad menandai kembalinya kerusuhan setelah berhari-hari demonstrasi yang lebih tenang. Protes itu, yang meningkat pada Juni berhubungan dengan rancangan undang-undang ekstradisi yang sekarang dibekukan, telah mengguncang Hong Kong selama tiga bulan, kadang-kala mengakibatkan gangguan serius termasuk penutupan paksa bandar udara.

Kota tersebut, pusat keuangan utama di Asia, menghadapi krisis politik terbesarnya sejak penyerahan kekuasaan dari Inggris pada 1997.

Pemrotes mengatakan mereka memerangi pengikisan pengaturan "satu negara, dua sistem", yang melandasi kembalinya Hong Kong kepada China dengan janji kebebasan yang berlanjut, yang tidak dinikmati oleh rakyat China Daratan, selama 50 tahun.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini