nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Massa Pro-Demokrasi Hong Kong Bergandeng Tangan Bentuk Rantai Manusia

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Sabtu 24 Agustus 2019 12:27 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 24 18 2096080 massa-pro-demokrasi-hong-kong-bergandeng-tangan-bentuk-rantai-manusia-IAYi99oI6T.jpg Massa pro-demokasi Hong Kong bentuk rantai manusia. Foto/Reuters

HONG KONG – Massa pro-demokrasi Hong Kong yang anti pemerintah China pada Jumat (23/8) malam saling bergandegan tangan membentuk rantai manusia sepanjang 48 kilometer.

Demonstran yang terdiri dari orang tua dan anak saling bergandeng tangan di berbagai wilayah Hong Kong.

Baca juga: Kepolisian Hong Kong: Kami Tak Perlu Bantuan Beijing

Baca juga: China Tidak Akan Duduk Manis jika Situasi Hong Kong Memburuk

Langkah mereka terinspirasi peristwa "Jalan Baltik" atau "Rantai Baltik" pada 23 Agustus 1989, ketika itu diperkirakan 2 juta orang bergabung di tiga negara Baltik dalam sebuah protes terhadap pemerintahan Uni Soviet.

"Di tempat itu, pada waktu itu, orang-orang mencoba menggunakan bentuk ekspresi ini untuk mengekspresikan keinginan mereka untuk bebas dari negara Soviet," kata seorang pemrotes bernama Kay, yang menolak untuk memberikan nama keluarganya karena takut dia mungkin akan dihukum di tempat kerja untuk bergabung dengan protes mengutip The Guardian, Sabtu (24/8/2019).

"Orang-orang Hong Kong berusaha untuk mengekspresikan diri mereka dan mengekspresikan kerinduan mereka untuk kebebasan dan hak asasi manusia," katanya.

Foto/Reuters

Protes Jumat malam itu ilegal tapi berjalan damai.

Untuk demonstrasi "Hong Kong Way" Jumat, koordinator protes telah menyerukan agar orang-orang berkumpul dalam saling bergandengan tangan di sepanjang rute Hong Kong, Kowloon dan New Territories.

Protes, dipicu oleh RUU yang sekarang telah ditangguhkan yang memungkinkan mengekstradisi tersangka Hong Kong diadili di China daratan. Hal ini telah menjerumuskan Hong Kong ke dalam krisis terburuk sejak kembali ke China pada tahun 1997.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini