nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Brasil Hina Istri Presiden Prancis

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 27 Agustus 2019 14:52 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 27 18 2097229 jair-bolsonaro-ejek-istri-presiden-prancis-gSprJH9lds.jpg Presiden Prancis Emmanuel Macron dan istri, Brigitte. (Foto/Reuters)

BRASILIA – Presiden Brasil Jair Bolsonaro menanggapi seuah unggahan foto di Facebook yang membandingkan penampilan istrinya Michelle (37) dengan Brigitte (66) tahun istri Presiden Prancis Emmanuel Macron.

"Jangan mempermalukan pria itu hahahaha," tulis Bolsonaro, dalam komentar yang banyak dikritik karena dianggap seksis.

Foto/Facebook/The Sun

Ditanya tentang insiden tersebut saat konferensi pers di Biarritz di mana para pemimpin G7 berkumpul untuk pertemuan puncak, Macron menyebut komentar itu sangat tidak sopan.

"Ini menyedihkan, pertama-tama kasihan bagi dia dan bagi orang Brasil," kata Macron mengutip Reuters, Selasa (27/8/2019).

Ia menambahkan Perempuan Brasil mungkin merasa malu punya presiden seperti Bolsonaro.

"Saya sangat menghormati rakyat Brasil, saya berharap mereka punya presiden yang bena-benar bisa bekerja," tambah Macron.

Foto/Reuters

Bolsonaro pada Senin (26/8) mengecam rencana Macron yang menjagak pemimpin negara G7 untuk melindungi Amazon, dengan menyebut rencana tersebut akan memperlakukan Brasil seperti negara jajahan.

Ia marah setelah Macron, menjelang KTT G7, mengunggah foto hutan Amazon yang terbakar, serta menambahkan tulisan, "Rumah kami terbakar. Secara harfiah."

Macron mengatakan bahwa dia dibohongi oleh Bolsonaro atas komitmennya untuk memerangi perubahan iklim.

Pada bulan Juli, Bolsonaro membatalkan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian, dan malah memmilih memotong rambut.

Sejak menjabat pada bulan Januari, Bolsonaro telah berjanji menentang penerapan peraturan lingkungan di Brasil dan mengumumkan niat untuk mengembangkan wilayah Amazon, di mana deforestasi hutan hujan terbesar di dunia oleh para penebang, peternak dan spekulator telah melonjak tahun ini.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini