nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Brasil Tolak Bantuan G7, Sindir Macron Atas Kebakaran Notre Dame

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 27 Agustus 2019 15:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 27 18 2097237 brasil-tolak-bantuan-g7-sindir-macron-atas-kebakaran-notre-dame-q778XMSHHl.jpg

BRASILIA – Brasil telah menolak tawaran bantuan dari negara-negara G7 untuk mengatasi kebakaran besar di hutan Amazon. Pejabat Brasil mengatakan bahwa dana yang ditawarkan lebih baik digunakan untuk menanam pohon di Eropa, menyindir Presiden Prancis Emmanuel Macron yang dianggap bermental kolonialis dalam membahas isu kebakaran di Amazon.

“Kami menghargai (tawaran itu), tapi mungkin sumber daya itu akan lebih baik digunakan untuk reboisasi Eropa,” kata Kepala Staf Presiden Jair Bolsonaro, Onyx Lorenzoni kepada Globo. Dia menambahkan bahwa Presiden Macron, yang bersikeras menjadikan kebakaran hutan Amazon sebagai isu sentral di pertemuan puncak G7 di Biarritz, Prancis, dimotivasi oleh "kolonialisme dan imperialisme".

BACA JUGA: Negara G7 Gelontorkan Rp313 Miliar untuk Atasi Kebakaran Hutan Amazon

"Macron bahkan tidak dapat mencegah kebakaran yang dapat diramalkan di sebuah gereja yang merupakan situs warisan dunia," sindir Lorenzoni merujuk pada kebakaran di Gereja Notre Dame, sebagaimana diwartakan RT, Selasa (27/8/2019).

“Apa yang dia ingin ajarkan kepada negara kita? Dia memiliki banyak hal untuk dirawat di rumah dan di koloni Prancis."

Diberitakan sebelumnya, negara-negara anggota G7, Prancis, Amerika Serikat (AS), Inggris, Jerman, Italia, Kanada, dan Jepang, telah menjanjikan dana sebesar USD22 juta (sekira Rp313 miliar) untuk membeli pesawat pemadam kebakaran tambahan untuk menanggulangi kebakaran hutan setelah Bolsonaro sebelumnya mengklaim pemerintahnya kekurangan uang untuk mengatasi api yang berkobar di Amazon.

Menteri Lingkungan Hidup Brasil, Ricardo Salles yang tampaknya tidak sependapat dengan Lorenzoni, mengatakan kepada wartawan bahwa Brasil akan menerima bantuan tersebut.

Penolakan Brasil itu disampaikan menyusul saling serang antara Presiden Jair Bolsonaro dengan Macron sebelum digelarnya KTT G7 di Biarritz. Bolsonaro menyebut langkah Macron yang membawa masalah di Amazon ke pertemuan G7 sebagai sebuah “pemikiran kolonialis”.

BACA JUGA: Presiden Brasil Hina Istri Presiden Prancis

Institut Nasional untuk Penelitian Luar Angkasa Brasil (Inpe) pekan lalu melaporkan negara itu telah mencatat rekor baru dengan 74.155 kebakaran pada 2019, 83 persen lebih banyak kebakaran yang terlihat dari luar angkasa dibandingkan masa yang sama pada tahun lalu. Meski begitu, NASA melaporkan bahwa jumlah dan tingkat keparahan kebakaran yang terjadi tidak berbeda secara signifikan dari rata-rata.

Sementara itu, kebijakan lingkungan Macron sendiri mendapat kecaman dari para demonstran Rompi Kuning yang menuduhnya "hanya bisa bicara" tentang penyelamatan bumi.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini