nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Penumpang KM Santika Nusantara Masih Hilang

Syaiful Islam, Jurnalis · Rabu 28 Agustus 2019 21:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 28 519 2097871 3-penumpang-km-santika-nusantara-masih-hilang-phgqM2zSV7.JPG Tim SAR gabungan mengevakuasi korban KM Santika Nusantara yang terbakar di perairan Jawa Timur. (Foto : Dok Humas Polda Jatim)

SURABAYA – Sebanyak 3 penumpang KM Santika Nusantara yang terbakar di perairan Masalembu, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur (Jatim), masih dinyatakan hilang. Hingga saat ini, tim SAR telah mengevakuasi 311 orang, dengan 3 di antaranya meninggal dunia.

Tim SAR gabungan akan kembali melakukan pencarian terhadap tiga orang yang masih hilang tersebut, setelah KM Santika Nusantara berhasil ditarik ke daerah Gresik. Ini sesuai dengan hasil rapat evaluasi Tim SAR Gabungan hari ke-7 operasi SAR KM Santika Nusantara.

"Jumlah ABK dan penumpang KM Santika Nusantara yang berhasil dievakuasi tim SAR gabungan adalah sebanyak 311 orang, dengan rincian 308 orang selamat dan 3 orang dalam kondisi meninggal, dalam pencarian (konfirmasi-red) sebanyak 3 orang," kata Kepala Humas Kantor SAR Surabaya, Tholib, Rabu (28/8/2019).

Jasad Korban KM Santika Nusantara Asal Batu Dievakuasi (Foto: BPBD Kota Batu)

Sesuai instruksi Kepala Basarnas, sambung Tholib, operasi SAR terhadap KM Santika Nusantara tetap dilanjutkan hingga kapal berhasil dibawa ke perairan Gresik. Kemudian dilakukan pemadaman dan penyisiran di dalam kapal oleh tim rescue Basarnas.

"Ini untuk memastikan masih ada tidaknya korban di dalam KM Santika Nusantara. Sedangkan untuk Posko SAR yang semula di GSN Tanjung Perak dipindahkan ke Kantor SAR Surabaya di Juanda," ujarnya.


Baca Juga : Basarnas Temukan Bangkai KM Santika Nusantara

Seperti diketahui, KM Santika Nusantara yang berangkat dari Surabaya menuju Balikpapan terbakar di perairan Masalembu pada Kamis 22 Agustus 2019 malam. Tim SAR gabungan bersama nelayan berhasil mengevakuasi 311 orang, tiga orang di antaranya meninggal dunia.


Baca Juga : Kondisi Masih Berasap, Bangkai KM Santika Nusantara Belum Dievakuasi

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini