nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gunung Berapi Stromboli Kembali Meletus, Muntahkan Lava dan Abu Vulkanis

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 29 Agustus 2019 14:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 29 18 2098118 gunung-berapi-stromboli-kembali-meletus-muntahkan-lava-dan-abu-vulkanis-jVIkYBOTTP.jpg Foto: Twitter/@emergenzavvf.

ROMA – Gunung Berapi Stromboli di selatan Italia meletus, mengeluarkan suara keras di depan para wisatawan. Letusan itu memuntahkan aliran lava ke laut dan abu panas ke udara.

Berdasarkan keterangan pejabat Italia yang dilansir RT, Kamis (29/8/2019), gunung berapi itu meletus pada Rabu, 28 Agustus, pukul 12.17 siang waktu setempat. Para turis merekam dampak dari letusan itu dan melaporkan merasakan logam di mulut mereka ketika menyaksikan ledakan dahsyat itu.

BACA JUGA: Gunung Stromboli di Italia Meletus, Seorang Pendaki Tewas

Pesawat-pesawat terekam mengambil air dari laut untuk digunakan pada vegetasi terbakar oleh lava saat tumpah di lereng gunung. Untungnya, daerah di sekitar Stromboli telah ditutup karena peningkatan aktivitas gunung berapi.

Stromboli, salah satu gunung berapi paling aktif di dunia, mengalami letusan besar pada Juli, menewaskan seorang pejalan kaki pria yang dihantam oleh batu yang jatuh. Beberapa orang terluka dalam ledakan itu ketika wisatawan yang panik melompat ke laut untuk menyelamatkan diri.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini