Gelar Aksi Damai, Warga Papua di Solo: Kami Merah Putih!

Bramantyo, Okezone · Senin 02 September 2019 23:32 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 02 512 2099836 gelar-aksi-damai-warga-papua-di-solo-kami-merah-putih-2rS3qMHvvQ.jpg Aksi Damai Warga Papua di Solo, Jawa Tengah (foto: Okezone/Bramantyo)

SOLO - Warga Papua yang tinggal di Kota Solo dan sekitarnya turun ke jalan menggelar aksi damai untuk Papua. Sambil mengibarkan bendera merah putih, mereka yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Peduli Papua secara serempak mendeklarasikan pernyataan sikap mereka untuk NKRI.

Pantauan Okezone, dalam aksi yang digelar di bawah patung Soekarno, Plaza Stadion Manahan Solo, dengan menggunakan pakaian adat Papua, mereka pun membentangkan spanduk bertuliskan "Kitorang Semua Bersaudara Indonesia Rumah Kita Bersama", "Terima Kasih Warga Solo, Kami Warga Papua Aman dan Tenteram", serta "Papua adalah Saudara Papua adalah Indonesia".

Baca Juga: Keputusan Jokowi Dinilai Sudah Tepat dalam Menyelesaikan Masalah Papua 

Aksi Damai Warga Papua di Solo (foto: Okezone/Bramantyo)

Tak hanya itu, di sela aksi damai, warga Papua ini pun menari bersama. Mereka terus menari mengikuti irama lagu Papua yang mereka putar, sambil terus mengibarkan bendera merah putih.

Salah satu warga Papua, Rico Irianto Mauri mengatakan dirinya sudah lama tinggal di kota Solo, sejak tahun 1980. Di Solo dirinya berdagang. Selama tinggal di Solo, Rico merasakan kehidupan damai dan tentram.

"Saya di Solo sudah lama tinggal. Sejak tahun 1980. Disini saya berdagang. Di Solo, saya diterima baik, terima kasih warga Solo," ujar Rico di sela aksi damai, Senin (2/9/2019).

Menurut Rico, dirinya sangat prihatin melihat kondisi saat ini di Papua. Untuk itu, Rico mengajak saudara-saudaranya yang di Papua, untuk kembali bersatu dan hidup damai.

"Lewat aksi damai dari Solo ini, saya mengajak saudara saya di Papua untuk kembali hidup normal seperti semula. Karena hidup damai itu nyaman," terangnya.

Hal senada diutarakan Jimmy Karson, seorang mahasiswa Papua yang tengah menimba ilmu di Karanganyar, Jawa Tengah.

Menurut Jimmy, warga Papua itu cinta damai. Tidak ada niat sedikitpun untuk memisahkan diri dari NKRI. Jimmy punya harapan, Papua cepat kembali aman damai dan sejahtera.

"Di sini nyaman, tidak ada diskriminasi atau apa. Kami, warga Papua di Karanganyar sudah dikumpulkan sama Bupati Juliyatmono. Bupati pada kami menjamin penuh keamanan kami. Dan bila ada yang mengusik kami, Bupati minta pada kami untuk segera melapor. Melapor ke aparat atau langsung pada Bupati," terang Jimmy.

Baca Juga: Ratusan Orang Aksi di Depan Istana Serukan Pesan Damai tentang Papua 

Selama ini, kata dia, warga, terutama dimana dirinya menimba ilmu, bisa menerima kehadiran mereka mahasiswa Papua.

Tidak pernah ada rasisme ataupun upaya untuk mendiskriminasikan mahasiswa Papua. “Semuanya sama dan mendapatkan ruang yang sama untuk belajar seperti dengan mahasiswa dari provinsi yang lain. Kami ini saudara, kami siap membantu wujudkan Papua yang nyaman,” kata Jimmy.

Aksi Damai Warga Papua di Solo (foto: Okezone/Bramantyo)	 

Di akhir aksi, masyarakat Papua membacakan pernyataan sikap, damai negeriku damai bangsaku. Papua adalah kita, kita adalah Papua. Bersatu dan damai untuk Papua untuk NKRI. Merah putih untuk Papua, Merah Putih untuk Indonesia.

Mempertahankan Papua dalam Bingkai NKRI. Papua adalah Saudara dan Papua adalah Indonesia. Papua bagian dari Bhineka Tunggal Ika.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini