nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Nelayan Indonesia Diculik di Malaysia

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 24 September 2019 11:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 24 18 2108557 3-nelayan-indonesia-diculik-di-malaysia-OYAagsoGp2.jpg Ilustrasi. (Foto/Shutter Stock)

KOTA KINABALU - Tiga nelayan Indonesia diculik dari kapal nelayan Malaysia di perairan Lahad Datu dekat perbatasan laut dengan Filipina selatan.

Melansir The Star, Selasa (24/9/2019) tujuh pria bersenjata bertopeng naik ke dua kapal pada nelayan Senin (23/9) siang.

Orang-orang bersenjata itu menembaki para awak kapal dan memerintahkan ketiga nelayan untuk naik ke perahu mereka.

Tak satu pun awak di kapal penangkap ikan kedua diculik.

Baca juga: Kelompok Militan Diduga Abu Sayyaf Culik 10 Nelayan di Perairan Malaysia

Baca juga: 2 Nelayan Indonesia Diculik di Malaysia, Pelaku Gunakan Topeng dan Senjata

Menteri Sabah Datuk Seri Shafie Apdal mengatakan bahwa dia diberitahu tentang insiden itu dan mencatat bahwa itu terjadi di Tambisan di mana insiden penculikan sebelumnya terjadi.

Shafie mengatakan daerah itu tampaknya tidak sepenuhnya diawasi.

"Kita perlu mengambil tindakan," katanya.

Okezone telah menghubungi Plt Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, namun belum mendapat respons.

Kantor berita Bernama, dengan mengutip polisi, melaporkan bahwa kelompok Abu Sayyaf sering melakukan penculikan di wilayah tersebut. Para nelayan dibawa ke pulau-pulau di selatan Filipina, negara basis Abu Sayyaf.

Militan Abu Sayyaf telah bersumpah setia kepada kelompok IS yang dahulu dikenal sebagai ISIS.

Telah terjadi serentetan penculikan di perairan antara Filipina selatan dan bagian Malaysia di Kalimantan dalam beberapa tahun terakhir. Pulau Kalimantan atau Borneo dibagi antara Indonesia, Malaysia dan Brunei.

Beberapa negara Asia Tenggara memulai patroli angkatan laut di daerah tersebut pada 2017 dalam upaya untuk mencegah penculik.

Pada Juni 2019, kelompok Abu Sayyaf, telah menculik 10 nelayan di lepas pantai Kalimantan, wilayah perairan Sabah, Malaysia dan membawa mereka ke Filipina. Insiden itu merupakan kasus penculikan terbaru yang terjadi di perairan tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini