nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hutan Gunung Arjuno Terbakar, Kobaran Api Terlihat hingga Malang

Avirista Midaada, Jurnalis · Sabtu 12 Oktober 2019 03:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 12 519 2115949 hutan-gunung-arjuno-terbakar-kobaran-api-terlihat-hingga-malang-tROaFgxVil.jpg Ilustrasi

PASURUAN - Api kembali membakar kawasan Gunung Arjuno yang terdapat hutan konservasi Taman Hutan Raya (Tahura) R. Soerjo. Berdasarkan laporan dari petugas Tahura R. Soerjo api diketahui pertama kali berkobar di wilayah Blok Sawahan Ringgit Lereng Gunung Ringgit dan Blok Gumanda, Kelurahan Leduk, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan

Dari pantauan di lapangan sepanjang hari Jumat api bahkan terus membesar. Nyala api merah menyala bahkan terlihat hingga Malang dan wilayah Batu.

Asap pekat membumbung tampak begitu terlihat, bahkan sesekali asap itu begitu tinggi membumbung ke udara. Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Tahura R. Soerjo Ahmad Wahyudi membenarkan hingga Jumat malam api belum bisa dipadamkan. Menurutnya, api pertama kali teridentifikasi pada Kamis malam kemarin pukul 19.00 WIB.

"Api terus membesar pada Jumat dan semakin membesar, tiupan angin menjadi salah satu penyebabnya," ujar Wahyudi saat dikonfirmasi okezone, Jumat malam (11/10/2019).

Ilustrasi

Sepanjang hari Jumat tim gabungan dari TNI, Polri, petugas Tahura, BPBD Kabupaten Pasuruan dan BPBD Kabupaten Malang, relawan, telah berusaha memadamkan api, namun belun berhasil.

Berdasarkan informasi dari petugas setidaknya ada 17 orang yang bergerak sejak Jumat pagi hingga sore hari. "Hingga Jumat malam ini belum padam. Kami terjunkan tim kedua pada Jumat sore untuk membantu pemadaman api," ungkap Wahyudi.

Pihaknya sendiri masih belum dapat memastikan luasan area lahan yang terbakar beserta penyebabnya. Namun ia memastikan area yang terbakar bukan merupakan jalur pendakian menuju Gunung Arjuno.

"Kalau luas area yang terbakar dan penyebabnya kami belum ketahui. Yang jelas itu bukan di jalur pendakian, lagipula pendakian ke Gunung Arjuno sudah ditutup total," pungkasnya.

Sebelumnya pada Senin 7 Oktober 2019 kebakaran juga menghanguskan kawasan Blok Sidomulyo di Tahura R. Soerjo di Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, namun api tersebut berhasil dipadamkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini