nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Kali Gempa di Bengkulu Dipicu Megathrust Enggano

Demon Fajri, Jurnalis · Selasa 15 Oktober 2019 15:43 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 15 340 2117191 3-kali-gempa-di-bengkulu-dipicu-megathrust-enggano-nQjwmVc2jo.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

BENGKULU - Gempa tektonik mengguncang tiga kali Provinsi Bengkulu, Selasa (15/10/2019). Gempa tersebut dipicu segmen megathrust Enggano, pulau Enggano Kabupaten Bengkulu Utara, sedang aktif. 

Gempa pertama dengan magnitudo 5,9. Gempa itu di episenter pada koordinat 4.57 Lintang Selatan (LS) dan 101.11 Bujur Timur (BT).

Gempa yang terjadi sekira pukul 05.23 WIB itu berlokasi di laut pada jarak 158 kilometer (KM) Barat Laut pulau Enggano, Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, pada kedalaman 36 km atau berada di 161 km Barat Daya Kota Bengkulu.

Baca Juga: Gempa M 5,9 Guncang Enggano Bengkulu, Tak Berpotensi Tsunami

Berselang sekira 30 menit atau pukul 06.08 WIB, gempa tektonik kembali mengguncang Bengkulu, dengan magnitudo 4.2. Gempa itu berada di koordinat 4.53 LS - 101.07 BT atau berada di 161 km Barat Laut pulau Enggano, Bengkulu Utara.

Ilustrasi

Gempa kembali menguncang Bengkulu, pada pukul 10.00 WIB atau beselang sekira 4 jam setelah gempa kedua. Gempa ketiga itu dengan magnitudo 5,0. Gempa itu berada di episenter pada koordinat 4.50 LS dan 101.08 BT.

Di mana gempa itu dengan kedalaman 10 km, atau berada di 152 km Barat Daya kota Bengkulu, 162 km Barat Laut pulau Enggano, Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara.

Di tinjau dari kedalaman hiposenternya, sampai PMG Ahli Muda Stasiun Geofisika Kepahiang, Bengkulu, Sabar Ardiansyah, gempa bumi di Enggano merupakan gempa bumi kategori dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia menunjam ke bawah Lempeng Eurasia.

Baca Juga: Bolaang Mongondow Timur Digoyang Gempa M5,2

Tepatnya, di zona Megathrust yang merupakan zona subduksi lempeng yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatra. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

''Segmen megathrust Enggano, pulau Enggano kabupaten Bengkulu Utara, sedang aktif. Gempa yang melanda Bengkulu tidak berpotensi tsunami,'' kata Sabar, ketika di konfirmasi okezone, Selasa (15/10/2019).

Guncangan gempa bumi pertama, jelas Sabar, dirasakan di kota Bengkulu dan kabupaten Seluma III-IV MMI, Kabupaten Kepahiang, III MMI.

Meskipun demikian, kata Sabar, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi yang mengguncang tiga kali Bengkulu, tersebut.

Terkait guncangan gempa bumi di Enggano, imbau Sabar, masyarakat di Enggano, diimbau agar tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

Selain itu, sambung Sabar, masyarakat di Enggano dan masyarakat Bengkulu khususnya, diimbau tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khususnya, masyarakat di daerah pesisir Barat Sumatera.

''Kami mengimbau agar masyarakat tidak terpancing isu. Kami juga mengimbau masyarakat tetap waspada, sebab gempa tidak tahu kapan akan terjadi begitu juga dengan besaran gempa,'' ujar Sabar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini