nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pilot Dilarang Terbang Seumur Hidup Karena Izinkan Penyanyi Masuk Kokpit Kemudikan Pesawat

Agregasi BBC Indonesia, Jurnalis · Sabtu 19 Oktober 2019 05:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 19 18 2118950 pilot-dilarang-terbang-seumur-hidup-karena-izinkan-penyanyi-masuk-kokpit-kemudikan-pesawat-ogjccVq79M.jpg Penyanyi Mesir Mohamed Ramadan mengunggah video dirinya dalam kokpit (Twitter Mohamed Ramadan)

KEMENTERIAN penerbangan sipil Mesir melarang terbang seorang pilot seumur hidup karena mengizinkan seorang penyanyi terkenal masuk ke kokpit selama dalam penerbangan dari Mesir ke Riyadh, Arab Saudi.

Sang penyanyi, Mohamed Ramadan, mengunggah video pendek di media sosial dirinya masuk ke dalam kokpit lalu duduk di kursi kopilot dan memegang kendali pesawat sambil berkata, "Saya bersumpah demi Tuhan, saya menerbangkan pesawat ini".

Akibat peristiwa ini, kopilot pesawat itu diskors tak boleh terbang selama setahun dan direktur utama maskapai penerbangan mengundurkan diri dari jabatannya.

Senin 14 Oktober 2019, rekaman video itu beredar dan kementrian penerbangan sipil segera melakukan penyelidikan.Ilustrasi

Menurut surat kabar Egypt Independent, pemilik pesawat itu adalah sebuah maskapai penerbangan swasta, yang namanya masih dirahasiakan hingga kini, dan bukan dari maskapai utama Mesir, Egypt Air.

Pihak kementerian juga menginterogasi pilot dan ko-pilot pesawat itu karena pelanggaran serius terhadap aturan dan instruksi penerbangan sipil Mesir serta mendatangkan risiko besar bagi keselamatan penumpang.

Media-media Mesir menyatakan penerbangan itu adalah penerbangan ke Riyadh, Arab Saudi, di mana Mohamed Ramadan akan menjadi salah satu pengisi acara di festival hiburan Riyadh Season atas undangan pihak berwenang Arab Saudi.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini