nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kecelakaan Bus di Kongo, 30 Orang Tewas Terbakar

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Senin 21 Oktober 2019 04:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 21 18 2119487 kecelakaan-bus-di-kongo-30-orang-tewas-terbakar-gbTS2okKZ2.jpg Ilustrasi kecelakaan bus. (Foto: Shutterstock)

SETIDAKNYA 30 orang dilaporkan tewas terbakar pada Minggu 20 Oktober 2019 pagi ketika sebuah bus penuh sesak datang mengalami kecelakaan maut dan terbakar di dekat Kinshasa, ibu kota Kongo.

"Jumlah korban saat ini adalah 30 orang tewas, 18 lainnya mengalami luka bakar tingkat III," kata Juru Bicara Palang Merah David Nsiala kepada AFP, Senin (21/10/2019).

Baca juga: Cegah Penyebaran Wabah Ebola, Rwanda Tutup Perbatasan dengan RD Kongo 

"Kami sedang melanjutkan pekerjaan mengidentifikasi mayat-mayat itu," tambah Nsiala yang menjalankan Palang Merah di wilayah Mbanzea-Ngungu di barat daya Kinshasa.

Bus yang penuh dengan orang dan barang itu sedang melakukan perjalanan dari Lufu ke Kinshasa ketika remnya rusak. Hal itu sebagaimana dituturkan Didier Nsimba, wakil administrator wilayah Mbanza-Ngungu, kepada AFP.

Baca juga: "Terminator" Kongo Dinyatakan Bersalah Atas Kejahatan Perang dan Kemanusiaan 

Ia menerangkan, kecelakaan bus tersebut terjadi sekira pukul 01.00 waktu setempat.

Nacha, salah seorang penumpang yang mengalami luka-luka, mengatakan lebih dari 100 orang berada di dalam bus ketika itu. Ia menambahkan, banyak mayat terbakar tanpa bisa dikenali.

Mbanza-Ngungu terletak sekira 150 kilometer (90 mil) dari Kinshasa di akses Tol 1, jalan dengan reputasi terkenal dengan kecelakaan mematikan.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini