nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Korea Selatan Cegat 6 Jet Tempur Rusia yang Langgar Pertahanan Udara

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 22 Oktober 2019 18:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 22 18 2120272 korea-selatan-cegat-6-jet-tempur-rusia-yang-langgar-pertahanan-udara-yqvbX3jBDZ.jpg Ilustrasi Foto/Reuters

SEOUL - Korea Selatan mencegat jet tempur Rusia memasuki yang memasuki wilayah Korea Selatan pada Selasa (22/10/2019).

Kepala Staf Gabungan Seoul (JCS) Seoul melansir Reuters, sebanyak enam pesawat militer Rusia berulang kali memasuki Zona Identifikasi Pertahanan Udara Korea (KADIZ) selama enam jam.

Insiden itu menandai pelanggaran ke-20 KADIZ oleh pesawat militer Rusia tahun ini, kata JCS.

"Militer kami segera mengirimkan jet tempur untuk melacak dan memantau pesawat dan menyiarkan pesan peringatan," kata JCS dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Pejabat Inggris: Menyamar Jadi Iran, Hacker Rusia Serang Organisasi di 20 Negara

Baca juga: Putin: Arab Saudi Minta Rusia Selidiki Serangan Terhadap Fasilitas Minyaknya

Kedutaan Rusia di Seoul tidak berkomentar terkait pelanggaran pesawat jet mereka.

Laut antara Jepang, Rusia, dan semenanjung Korea telah lama menjadi sengketa wilayah udara regional.

Pada bulan Juli, pesawat tempur Korea Selatan menembakkan suar dan ratusan tembakan peringatan di dekat pembom Rusia yang melanggar wilayah udara Korea Selatan, Rusia menyebut hal itu adalah patroli udara regional bersama jarak jauh pertamanya dengan China.

ADIZ biasanya merupakan area di mana negara-negara dapat secara sepihak menuntut agar pesawat asing mengambil langkah-langkah khusus untuk mengidentifikasi diri mereka sendiri, tidak seperti wilayah udara suatu negara, yang biasanya berarti ruang di atas wilayahnya. 

Insiden terbaru itu terjadi sehari sebelum militer Korsel dan Rusia mengadakan pembicaraan untuk membahas rencana untuk membuka hotline antara angkatan udara mereka sebagai bagian dari upaya untuk mengekang masuk ke wilayah ADIZ yang tidak dilaporkan.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini