nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Politikus Pro-Beijing Ditusuk di Tengah Kampanye Pemilu Hong Kong

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 06 November 2019 12:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 06 18 2126369 politikus-pro-beijing-ditusuk-di-tengah-kampanye-pemilu-hong-kong-3MCdVmQtpO.jpg Junius Ho. (Foto: AFP)

HONG KONG - Seorang anggota parlemen Hong Kong pro-Beijing ditusuk di jalanan oleh seorang pria yang menyamar sebagai pendukungnya.

Dalam rekaman yang di-posting online, seorang pria terlihat mendekati Junius Ho dengan membawa bunga sebelum merogoh tasnya, mengatakan dia ingin berfoto, tetapi kemudian menerjang anggota parlemen itu dengan pisau. Ho yang terluka bersama orang-orang di lokasi bergelut dengan pria itu dan berhasil meringkusnya, memitingnya ke tanah.

BACA JUGA: Perdebatan Politik Berubah Jadi Penusukan, Telinga Pejabat Hong Kong Putus Digigit

Diwartakan BBC, Ho sedang berkampanye untuk pemilihan umum Hong Kong, yang diadakan akhir bulan ini, ketika seorang pria dengan kaus biru dan topi baseball terbalik mendekatinya. Pria itu sepertinya berkata "semua orang telah melihat upaya Anda", sebelum Ho mengambil bunga yang dibawanya.

Si "pendukung" itu lalu berkata "biarkan aku mengeluarkan ponselku" sebelum meraih ke dalam tasnya dan menikam Ho. Dia kemudian disergap oleh sekelompok orang, termasuk Ho dan diringkus.

Anggota parlemen itu kemudian terlihat dibawa ke ambulans. Dua orang lainnya juga dilaporkan terluka. Polisi mengatakan seorang tersangka telah ditangkap, dan ketiga korban dalam keadaan sadar.

Penikaman ini adalah insiden terbaru dalam serangkaian serangan terhadap orang-orang di kedua sisi dalam protes di Hong Kong.

Pada Juli, pengunjuk rasa pro-demokrasi menuduh Ho membantu mengatur serangan terhadap warga sipil di Stasiun Yuen Long, di mana puluhan orang pria bertopeng dengan pakaian putih, yang diduga sebagai anggota gangster triad, menyerang demonstran pro-demokrasi dan orang-orang yang lewat.

BACA JUGA: Pemimpin Demonstran Hong Kong Dirawat di Rumah Sakit Setelah Diserang dengan Palu

Setelah insiden itu, Ho dilaporkan mengatakan bahwa para penyerang "mempertahankan rumah dan orang-orang mereka", tetapi membantah terlibat dalam serangan tersebut. Dia juga terlihat berjabat tangan dengan para penyerang dan memberi mereka acungan jempol.

Bulan lalu, pemimpin demonstran pro-demokrasi Hong Kong Jimmy Sham diserang oleh lima pria yang menggunakan palu. Hong Kong Free Prees mengatakan sedikitnya tiga kandidat lain dalam pemilihan November juga telah diserang dalam beberapa pekan terakhir.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini