nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa Magnitudo 5.1 di Bali Dipastikan Tak Berpotensi Tsunami

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Kamis 14 November 2019 20:56 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 14 244 2130013 gempa-magnitudo-5-1-di-bali-dipastikan-tak-berpotensi-tsunami-9AqMUsJI1D.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5.1 mengguncang Bali pada pukul 17.21 WIB dengan titik lokasi Lintang 8.16 LS, Bujur 114.90 BT dan kedalaman 10 Km. Gempa tersebut dipastikan tidak berpotensi tsunami.

Agus Wibowo, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menuturkan, berdasarkan Kalaksa BPBD Bali I Made Rentin, tidak benar adanya informasi yang menyebutkan air laut surut dan sirine tsunami berbunyi.

Baca Juga: Viral Warga Bali Mengungsi ke Dataran Tinggi Usai Gempa

Ilustrasi

Informasi itu diperoleh Made setelah menghubungi Camat Seririt Nyoman Riang Pustaka, sehingga masyarakat diminta untuk tidak mudah mempercayai informasi yang menyebar tanpa bisa dipertanggungjawabkan.

“Tombol aktivasi sirine berada di Pusdalops BPBD Bali, kami tidak pernah mengaktifkan sirine tersebut , karena memang rilis BMKG gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Jadi, kami tegaskan tidak ada bunyi sirine tsunami di Seririt,” ujar I Made seperti disampaikan Agus Wibowo melalui keterangan tertulisnya, Kamis (14/11/2019).

Saat ini, Camat dan Perbekel Pengastulan sedang mengimbau masyarakat untuk tetap tenang jangan panic dan sebaiknya hanya percaya informasi resmi dari BMKG. Untuk Tower Sirine Tsunami milik BPBD berada di Desa Sulanyah, bukan di Desa Pengastulan.

Baca Juga: Gempa Guncang Kota Kelahiran BJ Habibie

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini