Kruntelan, Cara Menlu Retno Tetap Harmonis Bersama Keluarga di Tengah Kesibukan

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 15 November 2019 16:11 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 15 18 2130345 kruntelan-cara-menlu-retno-jaga-kedekatan-dengan-keluarga-BB9TpLgDuF.jpeg Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi. (Foto: Okezone/Dede Kurniawan)

JAKARTA – Sebagai Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi memiliki kesibukan yang luar biasa, bahkan sebagian besar waktunya dicurahkan untuk tugas negara. Namun, menurut sang diplomat, kesibukannya bukanlah sebuah beban, dan dia tetap memiliki waktu bagi keluarganya.

Perempuan kelahiran Semarang itu mengungkapkan bahwa dia melihat kepercayaan presiden yang kembali menunjuknya sebagai Menteri Luar Negeri RI sebagai sebuah tanggungjawab, sebuah amanah yang harus dijalankan.

BACA JUGA: Retno Marsudi, Srikandi Diplomasi Indonesia Kembali Dipercaya Sebagai Menteri Luar Negeri

“Yang agak memudahkan saya untuk menjalankan amanah ini karena saya lahir besar di institusi ini (Kementerian Luar Negeri), jadi bidang pekerjaan yang diberikan tanggung jawabnya ke saya bukan bidang pekerjaan yang baru, yang saya harus belajar lagi. Jadi sudah ada sudah tahu walaupun tantangan dari`waktu ke waktu berubah terus,” jelas Retno dalam wawancara dengan Okezone.

Dia juga mengatakan bahwa keluarganya sudah terbiasa dengan kesibukan yang dimilikinya, terutama karena karier sebagai diplomat yang sudah dijalani Retno selama 33 tahun.

“Karena saya dari 33 tahun lalu sudah menjadi diplomat pola hubungan keluarga pola pikir keluarga dan sebagainya bisa mengerti kehidupan seorang diplomat,” kata ibu dua orang anak itu. Dia memuji suaminya, Agus Marsudi dan kedua putranya yang memberi dukungan dan tidak mengeluhkan kesibukan kariernya.

“Alhamdulillah suami saya top markotop-lah atas tidak komplain atau apa gitu. Anak-anak paham sangat paham, anak saya dua-duanya laki-laki apalagi dua-duanya sudah menikah”. Dua putra Menlu Retno sudah menikah dan saat ini tinggal di luar negeri. Putra pertamanya tinggal dan bekerja di Singapura, sedangkan yang kedua bermukim di Inggris.

BACA JUGA: Kembali Dipercaya Pimpin Kemlu RI, Menlu Retno Dapat Pesan Khusus dari Presiden Jokowi

“Aku tinggal berdua sama suami jadi komunikasi ya yang penting mereka tahu pekerjaan kita seperti apa, tuntutannya seperti apa. Kita saling menghormati, tapi bukan berarti keluarga nomor dua loh, kalau saya pikir, dua-duanya (keluarga dan pekerjaan) nomor satu.”

Meski memiliki banyak kesibukan dan tinggal di negara yang berbeda dengan anak-anaknya, Menlu Retno tetap menyisihkan waktu untuk berkumpul dengan keluarganya, terutama sebelum putranya yang kedua pergi ke Inggris.

“Waktu dia (putra Menlu Retno yang kedua) masih ada di Jakarta, kita janjian paling nggak dua minggu, tiga minggu sekali semua kumpul. Jadi yang di Singapura pulang kita kumpul kita makan, kalau tidak kita di rumah kumpul satu kamar bareng. Saya punya kamar yang tidak begitu gede, kalau kita kumpul ya kruntelan (berdesakan) berenam kita nonton tv atau nonton film, pesan makanan atau yang lain, tapi pokoknya apa kruntelan,” ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini