Share

Dukungan Orangtua dan Suami Jadi Pendorong Kesuksesan Menlu Retno Marsudi

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 15 November 2019 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 15 18 2130422 dukungan-orangtua-dan-suami-jadi-pendorong-kesuksesan-menlu-retno-marsudi-9K9fMd4BgV.jpeg Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi. (Foto: Okezone/Dede Kurniawan)

JAKARTA – Setelah ditunjuk menjadi sebagai perempuan pertama yang menjabat sebagai Menteri Luar Negeri RI pada 2014 dan dipercaya kembali melanjutkan jabatannya pada 2019, Retno Lestari Priansari Marsudi adalah seorang tokoh yang inspiratif. Kesuksesan perempuan kelahiran Semarang itu menjadi motivasi bagi banyak orang, kaum hawa untuk menjalani karier khususnya di bidang diplomasi dan mengabdi bagi negara.

Karier cemerlang Retno sebagai diplomat dan sekarang menteri negara, tidak lepas dari dorongan orang-orang yang mendukungnya. Dalam wawancara dengan Okezone, Retno mengungkapkan bahwa selain orangtuanya, sang suami merupakan orang yang paling berperan dalam kesuksesan yang dia nikmati saat ini.

BACA JUGA: Retno Marsudi, Srikandi Diplomasi Indonesia Kembali Dipercaya Sebagai Menteri Luar Negeri

“Suami. kalau suami saya nggak suami ini (Agus Marsudi), mungkin ceritanya juga beda,” kata Menlu Retno. Menurutnya, hubungannya dengan sang suami yang sudah terjalin sangat lama membuat keduanya sudah saling mengerti.

“Kebetulan saya dan suami, pacarannya saja tujuh tahun. Jadi saya sudah mengenal suami saya itu sudah 38 tahun, lama sekali. Ya sudah tahu-lah semuanya jeleknya, baiknya.”

Dukungan dari sang suami terhadap karier Retno juga diberikan secara penuh, meski terkadang ada kekhawatiran jika kondisi kesehatan sang istri kurang baik. Komunikasi pasangan yang dikaruniai dua orang putra itu juga terus terjalin dengan baik.

Menlu Retno bersama suami, Agus Marsudi.

Di luar itu, Menlu Retno juga sering melakukan kegiatan bersama sang suami; mulai dari hobinya berolahraga, naik gunung bahkan makan, selalu dilakukannya bersama suami tercinta.

“Jadi kegiatan non-kantor, atau kalau kegiatan kantor yang memang harus didampingi pasangan kan dia harus hadir, tapi mau makan, lari, berenang mau naik sepeda, mau naik gunung, selalu sama Mas Agus,” ujarnya.

BACA JUGA: Kruntelan, Cara Menlu Retno Tetap Harmonis Bersama Keluarga di Tengah Kesibukan

Selain karena dukungan orang-orang terdekatnya, Menlu Retno meyakini bahwa kerja keras merupakan kunci yang membawanya sampai meraih kesuksesan yang dinikmatinya saat ini.

“Kerja keras karena saya adalah nobody, bukan anaknya pejabat, bukan anak orang kaya, saya bukan siapa-siapa, kalau nggak kerja keras bertanding dengan yang lain ya nggak bisa-lah. Tapi itu sekaligus untuk membuktikan bahwa kita ini memiliki kesempatan yang sama, maksudku untuk teman-teman yang bukan dari (kalangan) orang kaya, bukan dari keluarga yang pejabat jangan sampai kehilangan harapan,” pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini