nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Periksa 5 Saksi Terkait Keracunan Massal di Ponpes Ponorogo

Avirista Midaada, Jurnalis · Senin 18 November 2019 22:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 18 519 2131466 polisi-periksa-5-saksi-terkait-keracunan-massal-di-ponpes-ponorogo-MFjM9xsWQ8.jpg Santri Ponpes Darul Fikri Ponorogo, Jawa Timur keracunan massal (Foto: Okezone/Avirista Midaada)

PONOROGO - Pasca-keracunan massal yang menimpa ratusan santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Fikri Ponorogo, Jawa Timur, polisi meminta keterangan sejumlah saksi mata.

Kasat Reskrim Polres Ponorogo AKP Maryoko menyatakan, telah memeriksa saksi - saksi dari pihak Ponpes Darul Fikri, baik dari pengasuh hingga korban keracunan.

"Ada lima orang yang diperiksa, semua dari pondok," ucap AKP Maryoko saat dikonfirmasi okezone, Senin (18/11/2019) sore.

Baca Juga: 121 Santri di Ponorogo Diduga Keracunan Usai Makan Ikan Tongkol 

Ilustrasi

Pihaknya juga telah menjadwalkan pemeriksaan kepada pedagang ikan tongkol dari Pasar Sawoo sebagai saksi. Hal ini berdasarkan pengakuan para korban dan saksi yang diduga mengalami keracunan setelah menyantap hidangan makan malam ikan tongkol.

"Kita juga telah jadwalkan pemanggilan penjualnya (penjual ikan tongkol)," imbuh Maryoko.

Kepolisian juga masih menunggu hasil laboratorium dari pemeriksaan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ponorogo mengenai kandungan sampel makanan yang dikonsumsi santri sehingga menyebabkan keracunan massal pada Minggu malam kemarin.

"Kita bersama Dinkes juga sudah ambil sampel makanannya untuk pemeriksaan. Kita masih menunggu hasil laboratorium mengenai penyebab keracunannya, apakah tongkolnya nasinya, atau sambalnya," ujarnya.

Saat ini, menurut Maryoko, dari 125 santri yang menjadi korban keracunan makanan, 19 di antaranya masih menjalani rawat inap di RSUD dr. Harjono Ponorogo. "Yang dirawat inap di RSUD masih 19 orang hingga saat ini," ujarnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, ratusan santri Ponpes Darul Fikri, Desa Bringin, Kecamatan Kauman, Kabupaten Ponorogo, keracunan massal setelah menyantap hidangan makan malam pondok pada Minggu malam kemarin.

Para santri tersebut mengeluhkan pusing di kepala, perut mual, hingga mata merah usai mengonsumsi hidangan ikan tongkol dan sambal.

Akibat kejadian ini ratusan santri terpaksa dilarikan ke empat rumah sakit di Ponorogo, yakni Rumah Sakit (RS) PKM Ngrandu, RS PKM Kauman Ponorogo, RS Aisyiyah, dan RSUD dr. Harjono.

Baca Juga: Santap Malam di Acara Pernikahan, Puluhan Warga Keracunan Massal 

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini