nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trump Perkenalkan Conan, Anjing yang Memojokkan Pemimpin ISIS Al Baghdadi

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 26 November 2019 13:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 26 18 2134581 trump-perkenalkan-conan-anjing-yang-memojokkan-pemimpin-isis-al-baghdadi-eTE0i4K2kG.jpg Conan, anjing yang terlibat dalam serangan yang meneaskan peimpin ISIS Abu Bakar al Baghdadi. (Foto/AFP)

WASHINGTON - Donald Trump pada Senin 25 November 2019 memperkenalkan kepada dunia seekor anjing yang terlibat dalam serangan yang menyebabkan tewasnya pemimpin kelompok Negara Islam atau ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi.

"Conan melakukan pekerjaan yang fantastis," kata presiden AS itu di Gedung Putih melansir AFP, Selasaa, (26/11/2019).

Ia menambahkan Conan anjing yang sangat brilian, cerdas. "Jadi ini Conan, mungkin anjing paling terkenal di dunia,” kata Trump, yang didampingi Ibu Negara Melania Trump dan Wakil Presiden Mike

"Anjing itu luar biasa," lanjut Trump. " Dan tidak ada yang akan macam-macam dengan Conan."

Baca juga: Siapa Kayla Mueller, Nama Perempuan yang Dijadikan Operasi Perburuan Pemimpin ISIS

Baca juga: Trump: Pasukan AS Juga Telah Habisi Calon Pengganti Al Baghdadi

Foto/AFP

Menurut laporan AS tentang serangan pada bulan lalu, Conan memojokkan pemimpin Baghdadi ke jalan buntu di tempat persembunyiannya di Suriah, sebelum Baghdadi meledakkan rompi bunuh diri, menewaskan dirinya dan dua anak.

Conan terluka akibat oleh kabel-kabel listrik yang terpapar dalam ledakan tetapi telah pulih kembali.

"Conan terluka parah, seperti yang Anda tahu," kata Trump kepada wartawan. "Mereka mengira mungkin dia tidak akan pulih. Dia pulih dengan sangat cepat dan sejak itu melakukan penggerebekan yang sangat penting."

"Saya suka anjing ini," kata sang presiden, mengatakan Conan telah dianugerahi "medali dan plakat" karena prestasinya.

Rincian tentang kehidupan, prestasi, dan latar belakang keluarga Conan tidak banyak, tetapi ia jelas berasal dari keturunan yang baik.

US Navy SEAL menggunakan Malinois Belgia dalam serangan 2011 di Pakistan yang menewaskan pemimpin Al-Qaeda Osama bin Laden.

Kepala Komando Pusat AS, Jenderal Kenneth McKenzie, menyebut Conan— yang juga anjing jenis Malinois Belgia—sebagai "anggota penting pasukannya," dengan catatan mengesankan 50 misi tempur dalam empat tahun masa tugas.

"Saya mengajukan satu pertanyaan," kata Trump. "Aku berkata, 'seberapa besar orang yang benar-benar kuat saat melawan Conan, tanpa senjata? Saya kira jawabannya, tidak ada.'"

Pemimpin AS itu juga mengambil kesempatan untuk melakukan sekali lagi serangan terhadap Baghdadi, yang telah memimpin IS sejak 2014 dan pada saat kematiannya adalah orang yang paling dicari di dunia.

"Itu adalah serangan tanpa kesalahan," kata Trump. "Kami telah melakukan banyak pekerjaan sejak serangan itu. Hal-hal tertentu telah terjadi yang sangat penting," tambahnya, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini