nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Maling Ini Pura-Pura Gila & Terkencing di Celana

Ade Putra, Okezone · Kamis 05 Desember 2019 21:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 05 340 2138511 maling-ini-pura-pura-gila-terkencing-di-celana-yURfxMGgy1.jpg Maling ini pura-pura gila saat ditangkap warga (Foto : Istimewa)

PONTIANAK - Beberapa hari lalu, sebuah video seorang pemuda di Kota Pontianak, Kalimantan Barat yang membawa puluhan keping atap seng bekas menggunakan sepeda motor jadi viral di media sosial.

Dalam video berdurasi satu menit itu, pria berkacamata hitam tersebut mengaku bernama Ahmad Daniel. Dia terlihat dengan santai mengemas dan membawa seng-seng tersebut di kawasan GOR Pangsuma, Jalan Ahmada Yani, Kecamatan Pontianak Selatan.

Ilustrasi

Pria ini pun berbicara dengan si perekam video dengan bahasa yang tidak dimengerti. Setelah video tersebut viral, banyak warga yang menduga pria ini berpura-pura gila agar aksi pencuriannya tidak diketahui. Apalagi, sebelumnya bahan material lain di lokasi yang sama juga hilang.

Dugaan warga ternyata benar. Pria tersebut memang pura-pura mengalami gangguan kejiwaan. Hal ini terbukti setelah dia ditangkap anggota Reskrim Polsek Pontianak Selatan. Bahkan, dia terkencing di celana saat ditangkap.

"Pelaku ini langsung pura-pura gila saat kami tangkap. Katanya (karena) terkejut," ujar salah seorang anggota Reskrim yang ikut melakukan penangkapan kepada Okezone, Kamis (5/12/2019).

Pelaku memang bernama Daniel. Pria kelahiran Pontianak, 23 Desember 1984 ini merupakan warga Jalan Kom Yos Soedarso, Kelurahan Sungai Beliung, Kecamatan Pontianak Barat.

"Pelaku ini ditangkap karena diduga melakukan tindak pidana pencurian bahan-bahan material (bekas) renovasi GOR Pangsuma," jelas Kapolsek Pontianak Selatan, Kompol Anton Satriadi.

Baca Juga : Ke Malang, Menteri LHK Tanam Pohon Kacang Termahal di Dunia

Lanjut Anton menjelaskan, penangkapan ini berawal dari laporan adanya kehilangan 8 set frame scafolding, 24 set ex cross scafolding, 4 set U scafolding, 70 keping seng ukuran 1,8 meter dan 70 keping seng ukuran 6 meter, di lokasi penyimpanan material renovasi GOR Pangsuma.

Dari kejadian ini, korban dalam hal ini pihak pengerjaan proyek mengalami kerugian sekitar Rp20 juta. Setelah adanya laporan ini, Anton kemudian memerintahkan anggotanya untuk melakukan serangkaian penyelidikan. Proses penyelidikan juga dibantu dengan adanya petunjuk awal dari video yang viral tersebut.

Dari hasil penyelidikan dan petunjuk yang ada, pelakunya mengarah kepada pria yang ada dalam video tersebut. "Tak lama, personel mendapat informasi bahwa pelaku berada di Jalan A Yani. Selanjutnya langsung dilakukan pengejaran dan berhasil ditangkap di Gang Syukur, Jalan Veteran," jelas Anton.

Selain menangkap Daniel, kepolisian juga menyita barang bukti hasil kejahatan dan sarana. Berupa 6 keping seng ukuran 6 meter, 4 keping seng ukuran 3 meter, gerobak serta sepeda motor.

"Pelaku dijerat Pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman kurungan penjara di atas lima tahun. Sementara untuk kejiwaan apakah mengalami gangguan atau berpura-pura, pelaku kami bawa ke rumah sakit jiwa untuk diperiksa kejiwaannya," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini