Mobil Mewah yang Disita Polda Jatim Hanya Kantongi Faktur Pembelian

Syaiful Islam, Okezone · Senin 16 Desember 2019 13:11 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 16 519 2142410 mobil-mewah-yang-disita-polda-jatim-hanya-kantongi-faktur-pembelian-jHgzR6sJLY.jpg Polda Jatim mengamankan sejumlah mobil mewah yang diduga tak dilengkapi surat-surat kendaraan.(Foto: Okezone.com/Syaiful Islam)

SURABAYA - Polda Jatim mendalami kasus mobil mewah dan supercar yang diamankan karena diduga tidak dilengkapi surat-surat kendaraan, seperti STNK dan BPKB. Sedikitnya 14 mobil mewah dari berbagai merk yang diamankan di Mapolda Jatim.

Rata-rata pemilik mobil mewah tersebut hanya mengantongi form A (faktur pembelian mobil). Saat ini Polda Jatim mendatangkan tim teknisi untuk mengetahui nomor rangka dan nomor mobil. Setelah itu akan dicocokkan dengan data yang dimiliki polisi.

Hal itu dilakukan karena sebagian besar pemilik supercar yang diamankan tidak bisa menunjukkan surat-surat kendaraan. Mereka hanya menunjukkan form A, itupun lewat WhatsApp.

"Modusnya hanya miliki form A, setelah itu tidak diurus pajaknya. Tapi ada dua kendaraan yang pemiliknya bisa nunjukin STNK dan BPKB kemarin. Namun karena libur diminta sekarang kembali lagi," ujar Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan, Senin (16/12/2019).

(Foto: Okezone.com/Syaiful Islam)

Polisi juga bekerjasama dengan Bapenda Jatim dan nantinya bersama Bea Cukai. Hal itu dilakukan untuk menelusuri keabsahan surat-surat kendaraan.

"Kalau pemilik tidak bisa menunjukkan surat-surat, kita akan proses dan ditarik. Tapi kalau ada suratnya, dan belum bayar pajak, ya harus diurus," paparnya.

Hingga saat ini ada 14 mobil mewah yang diamankan Polda Jatim. Rinciannya 5 Ferrari, 3 Mc Laren, 2 Porche, 1 Aston Martin, 1 Lamborghini, 1 Mini Cooper 1, dan 1 Nissan GTR.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini