Ribuan Warga Turki Turun ke Jalan Dukung Uighur

Rachmat Fahzry, Okezone · Sabtu 21 Desember 2019 12:29 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 21 18 2144612 ribuan-warga-turki-turun-ke-jalan-dukung-uighur-Qa2nuZi8ju.jpg Seorang pemprotes membawa sepanduk bertuliskan "China bohong kepada dunia". (Foto/Reuters)

ISTANBUL - Ribuan warga Turki pada Jumat 20 Desember turun ke jalan-jalan di Istanbul sebagai bentuk dukungan kepada etnis Uighur di China.

Pekan lalu, bintang sepak bola dari klub Arsenal Mezut Ozil, seorang Muslim Jerman yang berasal dari Turki, memposting pesan di media sosial menyebut minoritas Uighur "pejuang yang menentang penganiayaan" dan mengkritik tindakan keras China dan diamnya umat Islam.

Sejumlah warga dilaporkan Reuters mengangkat spanduk bertuliskan "Hentikan kekejaman" dan meneriakkan "China pembunuh, keluar dari Turkistan Timur" dan "Turkistan Timur tidak sendirian", menggunakan nama yang digunakan orang Uighur di Xinjiang, China.

Baca juga: Kisah Perempuan Uighur yang Mempertanyakan Keberadaaan Ayahnya

Baca juga: Media AS Sebut China Bujuk Dua Ormas Islam Indonesia agar Bungkam soal Muslim Uighur

Foto/Reuters

PBB dan kelompok-kelompok hak asasi manusia memperkirakan antara 1 juta dan 2 juta orang, sebagian besar etnis Muslim Uighur, telah ditahan di kamp yang disebut China sebagai kamp pelatihan untuk mencegah radikalisme dan terorisme. Namun laporan ini sulit diverifikasi karena ketatnya keamaan oleh pihak China.

China telah berulang kali membantah ada penganiayaan terhadap warga Uighur dan kementerian luar negerinya mengatakan Ozil tertipi "berita palsu".

"Perilaku terhormat Mesut Ozil mengilhami kami ... Semua orang harus bersuara melawan tiran ini seperti yang dilakukan Mesut," kata Adem Adil, seorang pemrotes yang bergabung bersama kerumunan.

Turki selalu menyatakan keprihatinannya tentang situasi di Xinjiang, termasuk pada Februari di Dewan Hak Asasi Manusia AS, tetapi belum mengomentari urusan Ozil.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini