nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Duta Besar Meksiko Mengundurkan Diri Setelah Ketahuan Mengutil di Toko Buku

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 24 Desember 2019 12:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 24 18 2145553 duta-besar-meksiko-mengundurkan-diri-setelah-ketahuan-mengutil-di-toko-buku-nhKvnbzcvd.jpg Rekaman kamera pengawas yang memperlihatkan Valero mengutil. (Foto: YouTube/Grupo REFORMA)

MEXICO CITY - Duta besar Meksiko untuk Argentina telah mengundurkan diri karena alasan kesehatan, setelah ia terlihat tertangkap kamera mengutil buku seharga USD10 (sekira Rp140.000) dan juga dituduh mencuri baju dari toko bandara.

Oscar Ricardo Valero Recio Becerra, 77 tahun, dipanggil pulang oleh kementerian luar negeri Meksiko awal bulan ini, setelah ia diduga tertangkap kamera mengambil sebuah buku dari rak di toko buku Buenos Aires, menyembunyikannya di dalam koran, dan berjalan keluar dari toko. Buku itu diyakini sebagai biografi Giacomo Casanova, penulis abad ke-18, mata-mata dan playboy, dan dijual dengan harga sekitar USD10.

BACA JUGA: Dubes Meksiko Ditarik dari Argentina Setelah Terekam Mengutil di Toko Buku

Pemerintah Meksiko menerima pengunduran diri Valero pada Minggu setelah ia dituduh melakukan pencurian kecil lainnya. Kali ini Valero diduga mengutil kemeja dari toko bebas bea di bandara Buenos Aires dua pekan lalu, demikian diwartakan RT, Selasa (24/12/2019).

Dalam pernyataannya, Menteri Luar Negeri Meksiko, Marcelo Ebrard berharap diplomat itu “cepat pulih”. Media lokal mengatakan bahwa Valero selamat dari tumor otak sekira 6 tahun yang lalu dan bahwa kondisinya dalam pantauan sejak saat itu.

Video: YouTube/Grupo REFORMA.

Banyak yang mungkin berpikir bahwa gaji pada diplomat dan politisi akan membuat mengutil tidak ada manfaatnya, tetapi ternyata beberapa dari mereka tertangkap basah sedang melakukan aksi tidak terpuji itu.

BACA JUGA: Lukisan Telanjang Pahlawan Nasional Meksiko Timbulkan Kontroversi, Protes Berujung Kerusuhan

Di Amerika Serikat (AS), calon anggota Kongres dari Partai Republik Danielle Stella ditangkap dua kali tahun ini dan dituduh mencuri barang-barang seharga USD2.300 dari Target, dan USD40 bahan makanan dari outlet lain. Ironisnya, Stela telah mendorong platform yang keras terhadap kejahatan, mengeluh bahwa distrik Minneapolis-nya adalah "ibu kota kejahatan negara."

Pada 2011, Perwakilan Negara Bagian California Mary Hayashi kedapatan mengambil barang-barang senilai USD2.445 dari sebuah department store mewah San Francisco. Di Australia pada tahun yang sama, Senator Mary Jo Fisher didakwa mengutil dan menyerang seorang penjaga keamanan di sebuah supermarket di Adelaide. Kedua wanita itu mengklaim penyakit mental yang menyebabkan insiden tersebut.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini