Pesawat Ukraina Ditembak Jatuh Iran, Presiden Zelensky Tuntut Penyelidikan dan Permintaan Maaf

Rahman Asmardika, Okezone · Sabtu 11 Januari 2020 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 11 18 2151791 pesawat-ukraina-ditembak-jatuh-iran-presiden-zelensky-tuntut-penyelidikan-dan-permintaan-maaf-fr1WFG2UmP.jpg Presiden Ukraina, Volodymr Zelensky. (Foto: Reuters)

KIEV – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menuntut digelarnya penyelidikan yang teliti dan transparan mengenai kecelakaan pesawat maskapai negaranya yang menewaskan 176 orang. Pernyataan itu disampaikan Zelensky setelah Teheran mengakui secara tidak sengaja menembak jatuh pesawat nahas tersebut.

Selain tuntutan itu, Zelensky juga menyatakan bahwa dia menginginkan permintaan maaf resmi dan kerja sama penuh dari Iran, dan agar semua yang bertanggung jawab dapat diadili.

BACA JUGA: Iran Akui Tak Sengaja Tembak Jatuh Pesawat Ukraina

“Kami mengharapkan dari Iran jaminan kesiapan mereka untuk penyelidikan penuh dan terbuka, membawa mereka yang bertanggung jawab ke pengadilan, pengembalian mayat, pembayaran kompensasi, permintaan maaf resmi melalui saluran diplomatik,” kata Zelensky, sebagaimana dilansir RT, Sabtu (11/1/2020).

Pemimpin Ukraina itu juga menyatakan harapannya bahwa penyelidikan atas tragedi tersebut akan berlanjut "tanpa penundaan dan halangan yang dibuat-buat".

"Empat puluh lima ahli kami harus diberikan akses dan kerja sama yang penuh" selama investigasi tegasnya.

BACA JUGA: Presiden Iran: Penembakan Pesawat Ukraina Adalah Kesalahan Tak Termaafkan

Sementara menerima tanggung jawab atas kesalahan itu, Angkatan Darat Iran mengatakan sistem pertahanan udaranya berada pada ancaman serangan yang diumumkan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terhadap puluhan situs di negara itu.

Staf Umum Angkatan Darat mengatakan bahwa mereka telah menerima laporan tentang kemungkinan serangan udara AS, sehingga pesawat penumpang Ukraina itu salah diidentifikasi sebagai target yang bermusuhan karena sedang terbang menuju instalasi militer di dekat Teheran.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini