nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ratu Elizabeth Setuju Pangeran Harry dan Istri Tinggalkan Peran Keluarga Kerajaan

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 14 Januari 2020 13:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 14 18 2152691 ratu-elizabeth-setuju-pangeran-harry-dan-istri-tinggalkan-peran-keluarga-kerajaan-0fsdvFkCof.jpg Ratu Elizabeth II. (Foto: Reuters)

LONDON – Ratu Elizabeth dari Inggris dilaporkan telah setuju untuk mengizinkan cucunya, Pangeran Harry dan istrinya Meghan Markle untuk berhenti dari tugasnya sebagai anggota senior kerajaan Inggris dan hidup secara mandiri.

Ratu telah menyetujui "periode transisi" di mana Duke dan Duchess of Sussex, gelar bagi Harry dan Meghan, akan menghabiskan waktu di Kanada dan Inggris.

Sang Ratu mengatakan, bahwa dia "sepenuhnya mendukung" keinginan pasangan itu untuk menjalani peran baru, tetapi "lebih suka" jika mereka tetap berperan sebagai bangsawan yang bekerja penuh waktu.

BACA JUGA: Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur sebagai Anggota Senior Kerajaan Inggris

Dia pun berharap keputusan akhir akan dibuat dalam beberapa hari mendatang.

Anggota senior Kerajaan Inggris telah menggelar sebuah pembicaraan di Sandringham, setelah Harry dan Meghan mengatakan bahwa mereka ingin mundur dari perannya di sebagai keluarga kerajaan.

Dalam sebuah pernyataan, Ratu mengatakan pembicaraan yang juga melibatkan Pangeran Wales dan Duke of Cambridge, gelar untuk Pangeran Charles, ayah Harry, dan Pangeran William, kakak Harry, telah "sangat konstruktif".

"Saya dan keluarga saya sepenuhnya mendukung keinginan Harry dan Meghan untuk menciptakan kehidupan baru sebagai keluarga muda," katanya sebagaimana dilansir BBC, Selasa (14/1/2020).

"Meskipun kami lebih suka mereka tetap menjadi anggota keluarga Kerajaan yang bekerja penuh waktu, kami menghormati dan memahami keinginan mereka untuk menjalani kehidupan yang lebih mandiri sebagai keluarga sambil tetap menjadi bagian yang berharga dari keluarga saya," sambungnya.

BACA JUGA: Ratu Elizabeth Sudah Tak Pasang Foto Pangeran Harry dan Meghan Markle di Ruang Kerja

Dia mengatakan, telah disepakati akan ada "periode transisi di mana Keluarga Sussex akan menghabiskan waktu di Kanada dan Inggris" setelah Harry dan Meghan "menjelaskan bahwa mereka tidak ingin bergantung pada dana publik dalam kehidupan baru mereka".

"Ini adalah masalah rumit bagi keluarga saya untuk diselesaikan, dan ada beberapa pekerjaan yang harus dilakukan, tetapi saya telah meminta keputusan akhir untuk dicapai dalam beberapa hari mendatang," katanya.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan, kepada Global News bahwa "tidak ada diskusi" tentang perincian langkah yang akan dilakukan pasangan itu, termasuk masalah keamanan dan kemungkinan dampaknya pada pembayar pajak Kanada.

Meskipun tidak ada anggota keluarga lain yang dimintai pendapatnya mengenai keputusan pasangan itu untuk mundur, Harry dan Meghan mengatakan bahwa pengumuman itu dibuat setelah "berbulan-bulan refleksi dan diskusi internal".

Baik Pangeran Harry dan Meghan berbicara tentang kesulitan kehidupan sebagai anggota keluarga kerajaan, dan perhatian media dalam beberapa bulan terakhir. Harry bahkan mengatakan, dia takut istrinya akan menjadi korban "kekuatan yang sama" yang menyebabkan kematian ibunya, Putri Diana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini