nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

29 Mayat Ditemukan dari Kuburan Massal di Meksiko

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Rabu 15 Januari 2020 20:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 15 18 2153313 29-mayat-ditemukan-dari-kuburan-massal-di-meksiko-cA52HFl6RS.jpg Lokasi kuburan massal di Guadalajara, Meksiko. (Foto/Reuters)

GUADALAJARA - Sedikitnya 29 mayat telah ditemukan di kuburan massal di kota Guadalajara, Meksiko. Kuburan itu terletak dekat kuburan massal lainnya yang ditemukan pada 2019 yang mengubur 81 mayat.

Pihak berwenang Meskiko mengatakan, mereka telah mengidentifikasi empat dari 29 mayat yang ditemukan, dan mengungkapkan bahwa mayat yang ditemukan merupakan orang-orang yang dilaporkan hilang.

Pemerintah Meksiko sebelumnya menyatakan jumlah orang yang hilang sejak 2006 mencapai 60 ribu orang. Kuburan massal yang ditemukan terungkap setelah Garda Nasional Meksiko menggerebek sebuah gudang di Toluquilla pada 6 November 2019.

Baca juga: Perang Narkoba Meksiko, 31 Ribu Orang Tewas dan 60 Ribu Hilang

Baca juga: Pemerintah Meksiko Siapkan Reformasi Sistem Keadilan

Mereka menyerbu tempat itu dan menemukan delapan orang sedang ditahan oleh orang-orang bersenjata serta menemukan gudang senjata.

Garda Nasional Meksiko menangkap 15 orang saat pnggerebekan tersebut, tiga di antaranya remaja. Mereka kemudian membawa para petugas ke kuburan massal di di sebuah lahan pertanian.

BBC dalam laporannya yang dikutip Okezone, Rabu (15/1/2020) menjelaskan bahwa penemuan kuburan massal di Meksiko bukanlah hal yang aneh.

Selama rentang antara 1 Desember 2018 hingga 31 Desember 2019, lebih dari 1.000 mayat ditemukan dari situs pemakaman rahasia.

Beberapa mayat diyakini anggota geng yang dibunuh oleh geng mereka sendiri, karena dianggap melanggar atau oleh geng saingan. Yang lainnya diculik untuk tebusan dan dibunuh karena kerabat mereka tidak mampu membayar tebusan.

Negara bagian Jalisco, di mana Guadalajara berada, adalah salah satu dari lima negara bagian Meksiko di mana jumlah terbesar kuburan massal telah ditemukan. Wilayah lainnya adalah Colima, Guerrero, Sinaloa dan Veracruz.

(fzy)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini