nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pangeran Harry dan Meghan Akan Berhenti Menggunakan Gelar Yang Mulia

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 20 Januari 2020 13:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 20 18 2155360 pangeran-harry-dan-meghan-akan-berhenti-menggunakan-gelar-yang-mulia-cidWmhlCCa.jpg Pangeran Harry dan Meghan Markle. (Foto/Reuters)

LONDON - Pangeran Harry dan Megan Markle akan berhenti menggunakan gelar "Yang Mulia" dan menarik diri dari tugas kerajaan, termasuk pertemuan militer resmi.

Keduanya akan melepas gelar dan tugas kerajaan Inggris mulai musim semi atau pada April hingga Mei 2020.

Awal bulan ini, Pangeran Harry dan Meghan mengatakan mereka bermaksud "untuk mundur sebagai anggota 'senior' dari Keluarga Kerajaan dan bekerja untuk menjadi mandiri secara finansial".

Baca juga: Harry-Meghan Lepas Gelar Kerajaan Inggris dan Bayar Pajak Rp42,6 Miliar

Baca juga: Ratu Elizabeth Setuju Pangeran Harry dan Istri Tinggalkan Peran Keluarga Kerajaan

Dalam pidatonya, yang diposting di akun Instagram pasangan itu, sang pangeran mengatakan ketika dia dan Meghan menikah "kami gembira, kami penuh harapan, dan kami di sini untuk melayani".

"Karena alasan-alasan itu, saya merasa sangat sedih.

"Keputusan yang saya buat untuk saya dan istri saya untuk mundur bukanlah keputusan yang saya buat dengan enteng," katanya.

"(Keputusan ini diambil) setelah berbulan-bulan pembicaraan, setelah bertahun-tahun menghadapi tantangan, dan saya tahu saya tidak selalu menghadapinya dengan benar, tetapi sejauh ini benar-benar tidak ada pilihan lain."

Sebagai bagian dari kesepakatan yang dilakukan pada hari Sabtu antara Sang Ratu, bangsawan senior, dan pasangan itu, Harry dan Meghan setuju bahwa mereka tidak akan lagi secara resmi mewakili kerajaan.

Ratu Elizabeth dalam pernyataannya berterima kasih kepada pasangan Harry dan Meghan. Namun dia juga menyadari tantangan yang diterima oleh cucunya tersebut.

"Harry, Meghan, dan Archie akan selalu menjadi anggota keluarga saya yang sangat dicintai.

"Saya menyadari tantangan yang mereka alami akibat pengawasan ketat selama dua tahun terakhir dan mendukung keinginan mereka untuk kehidupan yang lebih mandiri.

Sementara rilis resmi Istana Buckimham menjelaskan bahwa Panngeran Harry dan Meghan tidak akan menggunakan gelar kerajaan karena keduan tidak lagi menjadi anggota aktif Keluarga Kerajaan.

"Sebagaimana disepakati dalam pengaturan baru ini, mereka memahami bahwa mereka diharuskan untuk mundur dari tugas kerajaan, termasuk jabatan militer resmi. Mereka tidak akan lagi menerima dana publik untuk tugas kerajaan.

"Duke dan Duchess of Sussex telah mengungkapkan keinginan mereka untuk membayar kembali pengeluaran Sovereign Grant (Dana Kerajaan) untuk renovasi Frogmore Cottage, yang akan tetap menjadi rumah keluarga mereka di Inggris,” demikian isi rilis tersebut melansir BBC, Senin (20/1/2020).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini