Singapura Konfirmasi Kasus Pertama Virus Korona Wuhan di Negaranya

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 24 Januari 2020 08:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 24 18 2157526 singapura-konfirmasi-kasus-pertama-virus-korona-wuhan-di-negaranya-g42AT8G9A0.jpg Foto: Reuters.

SINGAPURA – Kementerian Kesehatan Singapura mengonfirmasi kasus pertama infeksi virus korona jenis baru, yang juga dikenal sebagai virus Wuhan, di negaranya.

Singapura menjadi salah satu dari beberapa negara yang telah mengonfirmasi terjadinya infeksi kasus tersebut, selain Amerika Serikat (AS), Jepang, Thailand, Australia, dan Korea Selatan.

BACA JUGA: Taiwan Desak China Rilis Semua Informasi Mengenai Virus Korona Wuhan

Dalam briefing publik pada Kamis, 23 Januari, Kementerian Kesehatan Singapura mengatakan pasien yang terinfeksi adalah seorang pria China berusia 66 tahun. Pria yang diketahui sebagai warga Wuhan itu tiba di Singapura bersama dengan keluarganya pada 20 Januari 2020, dengan penerbangan China Southern flight CZ351 dari Guangzhou.

Pasien itu saat ini berada dalam isolasi di Rumah Sakit Umum Singapura dan dilaporkan dalam kondisi stabil.

Dia melaporkan sakit tenggorokan saat dalam penerbangan, sebelum kemudian menderita demam dan batuk pada hari berikutnya.

BACA JUGA: Belum Ada WNI di China yang Terinfeksi Virus Korona Wuhan

Pada Rabu, 22 Januari dia pergi ke Rumah Sakit Umum Singapura dan segera diisolasi. Pria itu didiagnosis mengalami pneumonia dan diidentifikasi ke Departemen Kesehatan sebagai terduga pasien kasus pada pukul 10 malam di hari yang sama.

Dia dinyatakan positif terkena virus korona baru pada Kamis sore waktu setempat.

Otoritas Singapura telah melakukan pelacakan terhadap kontak yang dilakukan oleh pasien sebelum diisolasi, termasuk terhadap 30 penumpang yang naik dalam penerbangan yang sama, para kerabatnya yang ikut ke Singapura, dan ke Hotel Shangri-La Rasa Sentosa Resort & Spa di Sentosa, tempatnya menginap selama berada di Negeri Singa.

Salah satunya adalah putra pasien yang berusia 37 tahun, yang telah diduga sebagai pasien yang juga terinfeksi virus korona Wuhan. Sementara delapan kerabat pasien lainnya telah meninggalkan Singapura.

Laporan terakhir menyebutkan bahwa telah ada lebih dari 800 kasus virus korona Wuhan yang terkonfirmasi, dengan 25 korban telah dinyatakan meninggal dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini