nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hong Kong Umumkan Situasi Darurat Wabah Virus Korona

Rahman Asmardika, Jurnalis · Sabtu 25 Januari 2020 20:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 25 18 2158293 hong-kong-umumkan-situasi-darurat-wabah-virus-korona-ecjNwK5uIz.jpg Pemimpin Hong Kong, Carrie Lam. (Foto: Reuters)

HONG KONG - Pemimpin Hong Kong Carrie Lam pada Sabtu (25/1/2020) mengumumkan darurat virus di kota pusat keuangan Asia itu, dan mengumumkan serangkaian langkah-langkah untuk membatasi hubungan Hong Kong dengan daratan China.

Sekolah yang saat ini sedang pada masa liburan Tahun Baru Imlek, akan tetap ditutup sampai 17 Februari, sementara penerbangan masuk dan keluar serta perjalanan kereta api kecepatan tinggi antara Hong Kong dan Wuhan akan dihentikan.

BACA JUGA: Jumlah Kasus Infeksi Virus Korona di China Melonjak, 41 Orang Meninggal

Lam mengatakan semua kunjungan resmi ke China daratan dan perayaan Tahun Baru Imlek di Hong Kong akan segera dibatalkan. Dia juga mengatakan telah meminta bantuan dari Dewan Negara China untuk memastikan pasokan masker tetap memadai.

Mereka juga dapat meminta universitas memperpanjang masa liburannya.

Pernyataan Lam disampaikan beberapa jam setelah dia kembali dari World Economic Forum di Davos dan di tengah ketegangan yang lebih luas ketika tim pemerintahannya bergulat dengan protes anti-pemerintah yang telah berlangsung selama tujuh bulan.

"Dengan ini saya mendesak semua warga negara tetap bersatu untuk memerangi epidemi untuk melindungi kesehatan dan keselamatan semua orang Hong Kong," kata Lam sebagaimana dilansir Reuters, Sabtu (25/1/2020).

Dia menilai langkah penutupan semua penyeberangan perbatasan dengan daratan tidaklah praktis.

BACA JUGA: Malaysia Konfirmasi 3 Kasus Infeksi Virus Korona di Negaranya

Otoritas kesehatan Hong Kong telah mengonfirmasi 5 kasus infeksi virus korona, semuanya terkait dengan Wuhan, tempat virus tersebut pertama kali muncul. Sebanyak 122 orang lainnya dirawat karena diduga menderita penyakit tersebut.

Kasus wabah korona pertama di Hong Kong dikonfirmasi pada Rabu 22 Januari. Pasien adalah seorang pria berusia 39 tahun yang berkunjung dari Wuhan dengan menggunakan kereta api berkecepatan tinggi dari provinsi tetangga, Shenzhen.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini