Ungguli Sanders, Pete Buttigieg Menangi Kaukus Pertama Pilpres AS 2020

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 07 Februari 2020 15:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 07 18 2164945 ungguli-sanders-pete-buttigieg-menangi-kaukus-pertama-pilpres-as-2020-hUzwArMSe6.jpg Kandidat Calon Presiden Partai Demokrat, Pete Buttigieg. (Foto: Reuters)

DES MOINES - Hasil kaukus pertama dalam rangkaian pemilihan kandidat calon presiden Partai Demokrat akhirnya dirilis setelah sempat mengalami kekacauan dalam tahap penghitungan. Dengan 100 persen suara yang masuk, mantan Wali Kota South Bend, Indiana, Pete Buttigieg keluar sebagai pemenang dalam Kaukus Iowa.

Buttigieg dan Bernie Sanders yang berada di peringkat kedua bersaing ketat dalam perolehan suara kaukus pekan ini. Selisih keduanya hanya sebesar 0,01% untuk keunggulan Buttigieg. Berada di belakang mereka adalah Elizabeth Warren, Joe Biden dan Amy Klobuchar, demikian diwartakan BBC, Jumat (7/2/2020).

BACA JUGA: Kaukus Capres Demokrat 2020 Diperkirakan Diikuti Banyak Pemilih

Hasil Kaukus Iowa merupakan kemenangan besar bagi Buttigieg, veteran perang yang juga lulusan Universitas Harvard dan Oxford. Pria berusia 38 tahun itu sebelumnya bisa dikatakan kalah pamor dibandingkan nama-nama besar lain yang menjadi saingannya, terutama mantan Wakil Presiden Joe Biden dan Bernie Sanders, yang juga maju dalam pemilihan presiden 2016.

Sebaliknya, hasil kaukus kali ini dilihat sebagai pukulan besar bagi Biden yang hanya bisa berada di posisi keempat. Meski Iowa bukan negara bagian yang dia dominasi, sebagai kandidat yang dianggap memiliki elektabilitas paling besar, Biden tentu mengharapkan perolehan suara yang lebih baik.

Sebagai kaukus pertama di tahun pemilihan 2020, Kaukus Iowa sarat dengan kontroversi setelah aplikasi yang digunakan dalam pemungutan suara mengalami kerusakan, menghasilkan ketidakkonsistenan dalam penghitungan suara. Hal ini membuat Pimpinan Komite Nasional Partai Demokrat mendesak dilakukannya pengkajian dan penghitungan ulang suara.

BACA JUGA: Apakah Trump Keluarkan Dana Iklan Rp14 Miliar/Minggu agar Terpilih Lagi?

Seperti di tahun-tahun pemilihan presiden sebelumnya, Kaukus Iowa menjadi pembuka rangkaian proses pemilihan kandidat calon presiden Partai Republik. Proses ini akan berjalan sampai digelarnya Konvensi Partai Demokrat ada Juli 2020 yang akan menentukan calon presiden untuk berhadapan dengan Donald Trump sebagai petahana dan calon presiden dari Partai Republik pada pemilihan presiden di bulan November 2020.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini