Banjir Landa 3 Kecamatan di Rohul Riau, Akses Jalan Terputus

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Sabtu 15 Februari 2020 23:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 15 340 2169092 banjir-landa-3-kecamatan-di-rohul-riau-akses-jalan-terputus-WZQSUzmXAn.png (Foto: Okezone.com/Banda H Tanjung)

PEKANBARU - Banjir melanda Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau. Tercatat 212 kepala keluarga atau seribuan warga terkena dampak banjir yang sudah sering melanda daerah berjuluk Negeri Suluk itu.

Kepala Bidang Kedarutan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Jim Gapur mengatakan, banjir terjadi di tiga kecamatan. Daweah paling parah terdampak adalah Kecamatan Rambah. Di sana, sebanyak 106 warga terdampak banjir.

"Di sana juga banjir sudah memutus akses jalan sejauh 1 kilometer dengan kedalaman 40 sampai 60 centimeter. lokasi di Desa Babussalam. Namun warga masih bisa beraktifitas," kata Jim, Sabtu (15/2/2020).

Banjir juga menggenangi delapan rumah di Kecamatan Rokan IV Koto. Sedangkan di Kecamatan Tambusai, tepatnya di Desa Lubuk Soting, sebuah sekolah terkena banjir.

(Foto: Okezone.com/Banda H Tanjung)

"Di Desa Pematang Berangan, jalan desa terputus sepanjang 80 meter dengan kedalam air 4 sampai 60 centimeter. Untuk rumah yang terdampak adalah 62 KK," tukasnya.

Jim menambahkan, banjir juga menggenangi daerah Kelurahan Pasirpengaraiandan Desa Koto Tinggi. 24 KK terdampak banjir. Banjir di Rohul disebabkan tingginya curah hujan yang berdampak pada meluapnya Sungai Batang Lubuh, Sungai Batang Sosa dan Sungai Rokan Kiri.

"BPBD sudah siaga di lokasi banjir untuk melakukan kaji cepat dan melakukan pelaporan kondisi terkini. Daerah lainnya juga siaga banjir," imbuhnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini