nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Fakta Wakil Wali Kota Kediri yang Meninggal Dunia Akibat Pendarahan Otak

Avirista Midaada, Jurnalis · Minggu 16 Februari 2020 12:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 16 519 2169240 7-fakta-wakil-wali-kota-kediri-yang-meninggal-dunia-akibat-pendarah-otak-StysYFe6jI.jpg Jenazah Wakil Wali Kota Lilik Muhibbah Dibawa Ke Lokasi Pemakamannya di Ponpes Al Islah Kediri (foto: Istimewa)

KOTA KEDIRI - Wakil Wali Kota (Wawali) Kediri Lilik Muhibbah meninggal dunia pasca menjalani perawatan intensif di RSUD dr. Soetomo Surabaya, mengejutkan warga Kota Kediri. Wanita yang akrab disapa Ning Lik itu meninggal dunia akibat pendarah di otaknya.

Di balik peristiwa duka ini ada sejumlah fakta - fakta menarik dari Wawali Kediri Lilik Muhibbah yang berhasil dirangkum Okezone.

Wakil Wali Kota Kediri Lilik Muhibbah (Dok Pemkot Kediri)	 

1. Terpilih Dua Kali Menjadi Wakil Wali Kota Kediri

Lilik Muhibbah yang berpasangan dengan Abdullah Abu Bakar sebagai Wali Kota Kediri telah dua periode memimpin Kota Kediri. Hal ini mengantarkan ia menjadi Wakil Wali Kota Kediri perempuan pertama.

Baca Juga: Wakil Wali Kota Kediri Meninggal Dunia 

Pada periode pertama masa jabatannya terjadi pada 2014 hingga 2018, kemudian menjabat lagi setelah terpilih dalam Pilwali Kediri pada 2018.

2. Menang Lawan Tiga Calon Pasangan Lainnya

Pasangan Abdullah Abu Bakar atau yang akrab disapa Mas Abu dengan Lilik Muhibbah memenangi kontestasi Pilwali Kediri dalam Pilkada Serentak 2018.

Kedua pasangan ini diusung empat partai politik yakni PAN, Nasdem, PKS, dan Partai Demokrat, ini mengalahkan dua pasangan lainnya, yakni Aizzudin Abdurrahman - Sudjono Teguh, serta Samsul Ashar - Teguh Juniadi.

3. Istri dari Ulama Terkemuka di Kota Kediri

Sebelum masuk ke ranah politik dengan menjabat sebagai Wakil Wali Kota Kediri, Lilik Muhibbah sebenarnya telah banyak dikenal masyarakat. Sosoknya sebagai istri dari KH Fuaduddin Thoha atau akrab disapa Gus Thoha, yang merupakan pengasuh Pondok Pesantren Al Ishlah Kediri.

4. Aktif Membesarkan Nahdlatul Ulama

Selama masa hidupnya perempuan kelahiran Kediri 9 April 1962 aktif membesarkan nama Nahdlatul Ulama (NU). Ia pun aktif dalam berbagai kepengurusan organisasi struktural NU, hingga akhirnya menjabat sebagai Ketua Muslimat NU Kota Kediri.

5. Punya Tiga Anak dan Ditinggal Suami

Perempuan yang akrab disapa Ning Lik memiliki tiga orang anak dari hasil pernikahannya dengan suaminya KH Fuaduddin Thoha atau Gus Thoha.

Suaminya sendiri telah terlebih dahulu meninggal dunia pada 2016 dan dimakamkan di kompleks Ponpes Al Islah Bandar Kidul, Kediri.

6. Menderita Komplikasi dan Pendarahan Otak

Ning Lik dikonfirmasi meninggal dunia akibat penyakit komplikasi dan adanya pendarahan di otak.

"Almarhumah sebelumnya sempat dirawat di RSUD Gambiran akibat penyakit komplikasi, tapi karena pendarahan di otak semakin parah dirujuk ke RSUD dr. Soetomo," ungkap Direktur RSUD Gambiran Kota Kediri dr. Fauzan Adima.

Baca Juga: Wakil Wali Kota Kediri Lilik Muhibbah Meninggal Dunia Akibat Pendarahan Otak 

Sementara itu Kepala Humas RSUD dr. Soetomo membenarkan bahwa Lilik Muhibbah sebelumnya dirujuk ke RSUD dr. Soetomo setelah mengalami pendarahan otak.

"Tadi memang dari Kediri dirujuk ke sini, kondisinya memang sudah buruk. Beliau meninggal saat perawatan di IGD" jelasnya.

Lokasi Pemakaman Wakil Wali Kota Kediri Lilik Muhibbah (foto: Istimewa)	 

7. Dimakamkan di Ponpes Al Islah Kota Kediri

Kabag Humas dan Protokol Pemkot Kediri Apip Permana menyatakan berdasarkan musyawarah keluarga, jenazah wakil Wali Kota perempuan pertama di Kota Kediri ini dimakamkan di areal pemakaman keluarga yang berada di Ponpes Al Islah, Bandar Kidul, Kota Kediri.

"Hasil pertemuan keluarga jenazah dimakamkan pada Minggu di pemakaman keluarga Bandar Kidul, Kota Kediri ," jawab Apip.

Lilik dimakamkan di samping makam suaminya KH Fuaduddin Thoha alias Gus Thoha yang juga pengasuh Ponpes Al Islah. Ribuan pelayat hingga Kamis mengantarkan kepergian jasad Lilik ke peristirahatan terakhirnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini