nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banjir Menerjang Bangunan SD di Sukoharjo, Siswa Diliburkan

Agregasi Solopos, Jurnalis · Senin 17 Februari 2020 15:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 17 512 2169722 banjir-melanda-bangunan-sd-di-sukoharjo-siswa-diliburkan-EDml1v3upV.jpg Ilustrasi banjir. (Foto: Dok Okezone)

SUKOHARJO – Hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah, pada Minggu 16 Februari 2020 malam. Sejumlah wilayah pun mengalami banjir, termasuk bangunan Sekolah Dasar Negeri 3 Ngasinan, Kecamatan Bulu, Sukoharjo. Akibatnya, kegiatan belajar-mengajar di sana menjadi terhenti sementara.

Pada hari ini tampak banjir sudah mulai surut. Para siswa dan guru yang hadir di sana pun langsung bergerak membersihkan endapan lumpur sisa banjir yang menempel di bangunan sekolah.

Baca juga: Banjir dan Tanah Longsor Terjadi di Sukoharjo Usai Diguyur Hujan Deras 

Dilaporkan, banjir dampak air luapan sungai itu masih merendam halaman sekolah pada Senin pagi. Ketinggiannya mencapai 20 sentimeter.

Air mulai surut, namun tampak endapan lumpur menempel di lantai. Adapun ruangan yang kebanjiran di SDN 3 Ngasinan yakni kelas I, II, III dan IV, serta ruang perpustakaan dan ruang kepala sekolah.

"KBM ditiadakan dan kita lakukan kerja bakti membersihkan ruangan kelas yang kotor penuh lumpur," kata Sularti, salah satu guru di sana, seperti dinukil dari Solopos, Senin (17/2/2020).

Sementara A Arkan Daffa Putra N, siswa Kelas V SDN 3 Ngasinan, mengatakan dirinya bersama teman-teman bekerja bakti membersihkan kelas yang kotor terkena lumpur banjir.

"Tadi bersihin ruang kelas bareng-bareng, bangku dinaikkan semua. Lantainya disiram air bersih supaya kotorannya hilang lalu dipel," ungkapnya.

Baca juga: Warga Kintamani yang Terdampak Jembatan Hancur Tidak Bisa ke Mana-Mana 

Hujan deras pada Minggu malam ini juga membuat puluhan hektare sawah di Kecamatan Bulu, Sukoharjo, terendam banjir. Kemudian hujan deras turut menyebabkan rumah warga tergenang serta talut dan tebing di tiga lokasi longsor.

Hujan deras yang mengguyur Sukoharjo selama lebih dari empat jam ini membuat saluran irigasi pertanian di beberapa wilayah Kecamatan Bulu, Sukoharjo, meluap.

"Tidak ada korban dalam peristiwa ini. Tim BPBD sudah melakukan evakuasi dengan membersihkan material longsoran," kata Kepala Badan Penanggung Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo Sri Marwanto.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini