nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banjir dan Tanah Longsor Terjadi di Sukoharjo Usai Diguyur Hujan Deras

Agregasi Solopos, Jurnalis · Senin 17 Februari 2020 14:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 17 512 2169707 banjir-dan-tanah-longsor-terjadi-di-sukoharjo-usai-diguyur-hujan-deras-lEpJtq5nUx.jpg Ilustrasi banjir. (Foto: Dok Okezone)

SUKOHARJO – Puluhan hektare sawah di Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah, terendam banjir usai diguyur hujan deras lebih dari empat jam pada Minggu 16 Februari 2020 malam. Area persawahan itu tepatnya berada di tiga lokasi di Kecamatan Bulu, Sukoharjo.

Hujan deras yang turun cukup lama tersebut turut membuat talut dan tebing di sana mengalami longsor.

Baca juga: Warga Kintamani yang Terdampak Jembatan Hancur Tidak Bisa ke Mana-Mana 

Dilaporkan, hujan deras tersebut juga membuat air sungai dan saluran irigasi pertanian di beberapa wilayah Kecamatan Bulu meluap. Akibatnya, lahan pertanian, rumah, dan sekolah kebanjiran.

"Kalau yang lahan pertanian memang masih banyak yang terendam air. Namun yang di lokasi lainnya seperti jalan-jalan, pekarangan penduduk, dan sekolah sudah surut dari Senin dini hari tadi," kata Kepala Badan Penanggung Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo Sri Marwanto, sebagaimana dikutip dari Solopos, Senin (17/2/2020).

Baca juga: Sungai Meluap, Banjir Terjang Lima Puluh Kota Sumbar 

Ia menerangkan, selain menimbulkan banjir, hujan deras juga menyebabkan tanah longsor di tiga lokasi. Ketiganya berada di Dukuh Tritis, Desa Kamal, Kecamatan Bulu. Namun, material longsoran tidak menimpa dan merusak bangunan rumah warga.

"Tidak ada korban dalam peristiwa ini. Tim BPBD sudah melakukan evakuasi dengan membersihkan material longsoran," ungkapnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini