Share

Banjir Penajam Paser Utara Surut, Warga Bahu-membahu Bersihkan Sisa Lumpur

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Rabu 19 Februari 2020 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 19 340 2170730 banjir-penajam-paser-utara-surut-warga-bahu-membahu-bersihkan-puing-MLfFHwPr37.jpg Kondisi Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur saat diterjang banjir (Foto: BNPB)

PENAJAM PASER UTARA - Banjir yang melanda wilayah Desa Bukit Subur dan Kelurahan Riko, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur telah surut.

Dikutip dari situs Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Rabu (19/2/2020), banjir mulai surut berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Selasa 18 Februari pukul 23.50 WIB.

Baca Juga: Banjir Landa Penajam Paser Utara, 1 Jembatan Putus

Banjir sempat merendam permukiman warga dengan ketinggian air mencapai 1,9 meter. Penyebabnya, tingginya curah hujan dan pasang surut air laut.

Permukiman yang terdampak dihuni 104 Kepala Keluarga (KK) atau 336 jiwa di Desa Bukit Subur dan 11 KK atau 43 jiwa di Kelurahan Riko RT 04. Banjir juga mengakibatkan jembatan titian warga putus karena arus air menggerus tanah penyangga pondasi sehingga kendaraan roda dua dan empat tidak bisa melintas.

Ilustrasi

Sementara warga dibantu tim gabungan dari BPBD PPU, Tim Kecamatan, Tim Polsek PPU, Danramil Penajam, Aparat Desa/Kelurahan, Tim Satpol PP, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Tagana bergotong-royong membersihkan sisa lumpur dan material yang terbawa banjir di rumah-rumah warga.

Kendala yang dialami tim lapangan ialah sulitnya akses sinyal telekomunikasi sehingga menyulitkan proses pelaporan hasil assesment berkala. Belum ada laporan korban jiwa dan kerugian materil masih dalam proses pendataan lebih lanjut.

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini