nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Longsor Kembali Terjadi di Tol Cipularang KM 118

CDB Yudistira, Jurnalis · Rabu 19 Februari 2020 15:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 19 525 2170890 longsor-kembali-terjadi-di-tol-cipularang-km-118-qjSUFiwJ1B.jpg Tol Cipularang (Foto: BPJT Kementerian PU)

BANDUNG - Longsor kembali terjadi di lokasi Jalan Tol Cipularang Km 118, Desa Sukatani, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung, Rabu (19/2/2020).

Longsor terjadi saat beberapa pekerja tengah melakukan perbaikan, pasca longsor kemarin. Informasi yang dihimpun, longsor terjadi pada pukul 11.30 WIB. Seorang pekerja dikabarkan mengalami kaki terkilir saat akan menyelamatkan diri.

"Ada (pergerakan tanah) di Jalur B arah Jakarta," kata Humas Jasa Marga, Nandang Elan, saat dihubungi via telepon, Rabu (19/2/2020).

Pekerja yang mengalami terkilir kaki tersebut sudah dalam penanganan petugas medis. Pengerjaan perbaikan pun sempat terhenti, namun berjalan kembali.

Longsor

Baca Juga: Korlantas Polri Siapkan Rekayasa Lalin Imbas Longsor di Tol Cipularang

Sebelumnya, PVMBG telah mengatakan longsor yang terjadi di dekat tol Cipularang, KM 118+600 jalur B arah Jakarta atau tepatnya di Kampung Hegarmanah, Desa Sukatani, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, masih dapat terjadi kembali.

Dalam keterangan yang diterima, Kepala Tim Bidang Pergerakan Tanah PMBG Anjar Hariwaseso mengatakan dengan kondisi curah hujan saat ini, tidak menutup kemungkinan terjadi longsor kembali.

Pihaknya pun memberikan beberapa rekomendasi untuk penanganan dan antisipasi lanjutan dengan diantaranya mengeringkan genangan air baik di utara dan selatan jalan tol.

Kemudian, membersihkan dan memperbaiki saluran drainase yang tersumbat serta melakukan evaluasi gorong-gorong yang masih berada diatas lembah.

Selama dilakukan penanganan mitigasi struktural penahan lereng, perlu dilakukan pembatasan beban kendaraan di jalan tol.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini