nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dua Jam Diguyur Hujan, Jalan Penghubung Makassar-Maros Tergenang

Herman Amiruddin, Okezone · Rabu 19 Februari 2020 16:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 19 609 2170939 dua-jam-diguyur-hujan-jalan-penghubung-makassar-maros-tergenang-lFs42JtBkv.jpg Banjir di jalan penghubung antara Kota Makassar dengan Kabupaten Maros di Sulawesi Selatan. (Foto: Herman Amiruddin/Okezone)

MAKASSAR – Hujan yang mengguyur beberapa wilayah di Sulawesi Selatan beberapa hari terakhir ini membuat ruas jalan poros penghubung Kota Makassar dan Kabupaten Maros tergenang air.

Selain itu sejumlah pengendara terpaksa memperlambat laju kendaraannya ketika melintas di genangan tersebut agar tidak mogok.

Baca juga: Hujan Deras Guyur Parepare Sulsel, Banjir Rendam Sejumlah Jalan 

Genangan air yang merendam ruas jalan ini akibat saluran drainase yang sempit sehingga air mudah meluap saat hujan turun.

Genangan air dengan ketinggian 6 sampai 10 sentimeter ini membuat sejumlah pengendara harus memperlambat laju kendaraannya ketika melintasi genangan sepanjang 800 meter tersebut.

Bahkan beberapa pengendara harus turun mendorong motornya akibat mogok.

Genangan air yang menggenangi jalur alternatif penghubung antara Jalan Perintis Kemerdekaan Makassar dengan jalan menuju Kecamatan Moncongloe, Kabupaten Maros, ini dampak guyuran hujan deras sekira dua jam.

Bhabinkamtibmas Paccerakkang Aiptu Nyoman Sukada mengatakan saluran air yang sangat sempit membuat air naik ke bahu jalan. Meski begitu, genangan kembali surut jika hujan sudah reda.

"Banjir terjadi selama dua jam karena saluran air sangat sempit, jadi itu naik. Tapi ketika hujan sudah redah, air akan mulai surut, dia kembali normal," jelasnya kepada Okezone di Makassar, Rabu (19/2/2020).

Baca juga: Banjir Landa Penajam Paser Utara, 1 Jembatan Putus 

Sejumlah anggota TNI-Polri ikut bersiaga di sana. Mereka membantu pengendara yang terjebak di genagan air.

"Jadi kami dari TNI dan Polri ada di sini untuk mengantisipasi apabila masyarakat yang ada kendala mungkin bisa dibantu itu saja. Kurang lebih ada sepuluh personel gabungan TNI dan kepolisian ikut membantu," lanjutnya.

Sebelumnya BMKG Makassar juga merilis peringatan dini kondisi cuaca di Sulsel. Di mana berpotensi terjadi hujan sedang, lebat, dan angin kencang di wilayah Kabupaten Jeneponto, Takalar, Gowa, Makassar, Maros, Pangkep, dan dapat meluas ke wilayah Barru serta Bantaeng. Kondisi ini diperkirakan berlansung hingga beberapa hari ke depan.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini