Truk Batu Bara Berbobot 25 Ton Terbalik di Jalan Poros Trans Sulawesi

Herman Amiruddin, Okezone · Kamis 20 Februari 2020 00:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 19 609 2171168 truk-batu-bara-berbobot-25-ton-terbalik-di-jalan-poros-trans-sulawesi-V7ylNBV77X.JPG Truk pengangkut batu bara terguling di Jalan Poros Trans Sulawesi, Kabupaten Maros, Sulsel (Foto: Okezone.com/Herman Amiruddin)

MAKASSAR - Diduga akibat sopir mengantuk, sebuah truk pengangkut batu bara seberat 25 ton terbalik di Jalan Poros Trans Sulawesi, tepatnya di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Akibatnya, muatan batu bara itu berserakan di bahu jalan dan menjadi tontonan warga sekitar. Bahkan, muatan batu bara menutup badan jalan poros Trans Sulawesi di Kecamatan Lau, Kabupaten Maros.

Selain itu, kecelakaan ini juga mengakibatkan arus lalu lintas sempat mengalami kemacetan panjang, lantaran muatan truk yang berisi batubara berserakan di jalan.

Kasat Lantas Polres Maros, AKP Amalia Normadiah mengatakan, truk muatan batu bara itu terbalik dan sebagian muatan seberat 25 ton berserakan. Akibatnya, jalan poros trans sulawesi macet satu jam.

Truk Terguling di Maros

"Kami petugas kepolisian lalu lintas Polres Maros bersama warga sekitar selanjutnya berupaya mengevakuasi truk tersebut dari jalan saat terbalik," kata Amalia kepada Okezone, Rabu (19/2/2020).

Amalia menyebut, proses evakuasi menggunakan alat berat berupa mobil buldoser, mengingat truk muatan batubara ini berukuran besar. Sedangkan isi muatan truk tersebut dipindahkan ke truk lainnya untuk memudahkan proses evakuasi.

Truk Terguling di Maros

"Kami saat melakukan evakuasi itu menggunakan alat berat. Proses evakuasi truk ini berlangsung selama satu jam," tuturnya.

Selain itu, proses evakuasi juga membuat arus lalu lintas sempat mengalami kemacetan. Lebih lanjut Amalia menjelaskan, kecelakaan ini berawal saat truk muatan batu bara dengan nomor polisi DD 9020 SYU, yang dikemudikan oleh sang sopir, Arif (38) melaju kencang dari arah Kabupaten Barru menuju Kabupaten Maros untuk membawa muatannya ke salah satu perusahaan semen di Maros.

Namun nahas, saat melintasi jalan Poros Trans Sulawesi, tepatnya di Kecamatan Lau, Kabupaten Maros, truk tersebut mengalami lepas kendali atau out of control, kemudian menabrak median jalan dan lampu taman hingga terbalik.

Sementara muatan batu bara seberat 25 ton tumpah ke jalan. Diduga kecelakaan ini terjadi akibat sang sopir ngantuk dan kondisi jalan licin saat diguyur hujan deras.

"Beruntung tidak ada korban jiwa, namun sang sopir mengalami luka ringan di bagian tangan dan kepala. Akibat kecelakaan ini truk tersebut mengalami rusak dibagian depan dan belakang bodi truk. Sementara itu kerugian ditaksir mencapai Rp10 juta," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini