Tebing di Samping Jalan Limbangan Garut Longsor

CDB Yudistira, Okezone · Jum'at 21 Februari 2020 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 21 525 2172007 tebing-di-samping-jalan-limbangan-garut-longsor-HTCb8fXO05.png Longsor di sisi Jalan Raya Limbangan-Tasikmalaya, Kabupaten Garut. (Foto: CDB Yudistira/Okezone)

BANDUNG – Sebuah tebing yang berada di Jalan Raya Limbangan–Tasikmalaya, Kabupaten Garut, Jawa Barat, mengalami longsor pada hari ini, Jumat (21/2/2020).

Peristiwa longsornya tebing tersebut sempat terekam oleh seorang warga dan menyebar dalam aplikasi pesan Whatsapp. Video berdurasi 30 detik itu merekam momen longsornya tebing tersebut.

Baca juga: Tasikmalaya Diguncang Gempa Bermagnitudo 4,9 

"Itu (tebing) penyangga perumahan," kata Kapolres Garut AKBP Dede Yudy Ferdiansah ketika dikonfirmasi.

Ia menyebut tidak ada korban dalam kejadian tersebut. Dirinya pun telah menginstruksikan jajarannya melakukan pembersihan bersama instansi terkait lainnya serta mengatur arus lalu lintas kendaraan di sana.

"Tidak ada korban jiwa dan sudah dilakukan pembersihan di lokasi," jelasnya.

Dirinya juga belum dapat memastikan apakah longsornya tebing tersebut akibat gempa yang berpusat di Kabupaten Tasikmalaya pada Jumat pagi tadi.

Seperti diketahui, gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Kabupaten Tasikmalaya pada Jumat 21 Februari 2020, pukul 07.57 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan magnitudo 4,9.

Baca juga: Gempa Tasikmalaya Akibat Aktivitas Zona Subduksi Lempeng Indo-Australia 

Episenter titik gempa terletak pada titik koordinat 8,17 lontang selatan dan 107,50 bujur timur atau tepatnya berlokasi di laut dengan jarak 112 kilometer barat daya Kabupaten Tasikmalaya. Kedalamannya 11 km.

"Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Garut, Tasikmalaya, dan Pangandaran dengan skala intensitas II-III MMI," kata Kepala PVMBG Kasbani dalam keterangannya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini