nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Artis Disinyalir Terlibat Kejahatan Carding

Syaiful Islam, Jurnalis · Kamis 27 Februari 2020 15:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 27 519 2175008 6-artis-disinyalir-terlibat-kejahatan-carding-HzQ4BxBAyS.jpg Screenshoot medsos artis yang terima endorse pelaku carding (Foto: Okezone/Syaiful Islam)

SURABAYA - Penyidik Subdit V Cyber Ditreskrimsus Polda Jatim terus mengembangkan kasus kejahatan carding atau menggunakan data kartu kredit milik orang lain untuk membeli tiket maskapai penerbangan dan kamar hotel.

Dari hasil pemeriksaan terhadap tiga tersangka yang berhasil ditangkap, setidaknya ada 6 artis atau publik figur yang diduga terlibat dalam kasus tersebut. Para artis berperan sebagai endorse.

Bahkan para artis ini telah dibiayai oleh tersangka untuk beberapa perjalanan yang menggunakan maskapai penerbangan dan hotel. Keenam artis tersebut masing-masing berinisial GA, TM, JI, BW, AWK dan RS.

Baca Juga: Raup Ratusan Juta Rupiah, 3 Pelaku Kejahatan Carding Ditangkap Polisi

"Kami sudah melakukan pemanggilan kepada dua dari enam publik figur itu di polda jatim jumat besok," terang Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Kamis (27/2/2020).

Menurut Trunoyudo, pihaknya akan memanggil keenam artis tersebut untuk dimintai keterangan seputar kasus carding. Namun status para artis sebagai saksi dalam kasus ini.

Sebab berdasarkan keterangan dari tersangka, sambung Trunoyudo, dalam melakukan promosi penjualan tiket dengan media akun Instagram @TN, tersangka menggunakan cara endorsement dari artis-artis dan selebgram.

"Artis-artis tersebut dibiayai oleh tersangka untuk beberapa perjalanan yang menggunakan maskapai penerbangan dan juga hotelnya, adapun untuk tiket-tiket yang diberikan kepada para artis tersebut diantaranya ada juga yang merupakan hasil kejahatan carding dan juga ada yang dibeli secara resmi melalui Traveloka dan booking com," papar Trunoyudo.

Namun tersangka membelinya dengan uang hasil usaha penjualan tiket, yang didapatkan secara illegal atau carding. Dalam kasus ini, polisi telah menangkap tiga orang tersangka mereka SG, FD dan MR.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini