Kebakaran Kapal Tanker Diduga Berasal dari Korsleting Listrik di Ruang Mesin

Erie Prasetyo, Okezone · Senin 11 Mei 2020 19:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 11 608 2212508 kebakaran-kapal-tanker-diduga-berasal-dari-korsleting-listrik-di-ruang-mesin-EWUGqEGOR3.jpg

MEDAN – Sebanyak 22 orang terluka akibat kebakaran kapal tanker di Pelabuhan Belawan, Kota Medan pada Senin (11/5/2020) pukul 08.30 WIB.

Berdasarkan informasi dari akun Polres Pelabuhan Belawan, satu orang meninggal dunia ditemukan di sekitar kapal yang terbakar.

Sedangkan korban luka bakar berat 7 orang, luka bakar ringan 15 orang. Api diperkirakan berasal dari korsleting arus listrik di ruangan mesin yang menyambar tangki minyak nomor 6.

Saat ini Api sudah padam dan dalam proses pendinginan dan olah TKP ke dalam kapal baru akan dilakukan setelah dingin oleh Tim Identifikasi Polres Pelabuhan Belawan dan Labfor Polda Sumut.

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Perhubungan melalaui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengonfirmasi bahwa telah terjadi kebakaran di galangan kapal milik PT. Waruna Nusa Sentana Shipyard Belawan - Medan Sumatera Utara pada hari ini (11/5) sekitar pukul 08.00 WIB.

Ilustrasi

"Benar telah terjadi kebakaran kapal MT. JAG LEELA yang sedang melakukan perawatan atau docking di galangan kapal milik PT. Waruna Nusa Sentana Shipyard Belawan - Medan yang berlokasi dan berjarak kurang lebih 1-2 kilometer dari kantor Distrik Navigasi Kelas I Belawan," jelas Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Ahmad, Senin (11/5/2020).

Menurutnya, hingga saat ini, proses pemadaman api sedang berlangsung yang dilakukan oleh unsur-unsur maritim seperti Otoritas Pelabuhan Utama Belawan, Syahbandar Utama Belawan, PT. Pelindo I Belawan dan Polairud Belawan.

"Hingga kini, tim SAR masih melakukan pengecekan apakah ada jatuh korban dengan terjadinya musibah kebakaran tersebut. Segera kami update informasinya," tutup Ahmad.

Terpisah, Kadis Pencegahan dan Pemadam Kebakaran Kota Medan, Albon Sidauruk menerangkan pihak Damkar Kota Medan telah mengerahkan 10 unit armada untuk memadamkan api.

"Pemadaman api didukung dari Armada PT. Pelindo I, TNI AL, dan Pol Air Belawan, hingga saat ini belum padam tapi sudah terkendali, korban jiwa belum ada informasi," terang Alboh.

Informasi yang diterima dari narasumber di lapangan bahwa terdapat korban luka akibat kebakaran. Namun untuk korban jiwa belum diketahui.

(kha)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini