Pilot Pesawat Ucap "Mayday" Sebelum Jatuh di Danau Sentani

Chanry Andrew S, iNews · Selasa 12 Mei 2020 10:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 12 340 2212737 pilot-pesawat-ucap-mayday-sebelum-jatuh-di-danau-sentani-WQDT6vlMUe.PNG Warga membantu evakuasi pesawat jatuh di Danau Sentani. (Foto: Istimewa)

JAYAPURA - Pesawat milik Mission Aviation Fellowship (MAF) tipe Cessna K100 PK-MEC jatuh di mengalami musibah (jatuh) di perairan Danau Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Selasa (12/5/2020).

Juru Bicara Kepolisian Daerah (Polda) Papua, Komisaris Besar Polisi Achmad Mustofa Kamal dalam siaran pers yang diterima wartawan setempat mengatakan, pesawat yang dipiloti Joyce Chaisin Lin (40), warga negara Amerika itu jatuh sesaat usai lepas landas di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura menuju Distrik Mamit, Kabupaten Tolikara, Papua.

Kronolgi kejadian yang diterima pihaknya dari otoritas Bandara Sentani, Jayapura, pukul 06.27 WIT, pesawat take off dari Bandara Sentani tujuan Distrik Mamit, Kabupaten Tolikara, Papua.

Joyce.

Sekitar tiga menit setelah lepas landas, tepatnya pada pukul 06.29 WIT, pilot pesawat memanggil tower dengan kode "mayday" dan pilot meminta mendarat darurat ke bandara Sentani. Selanjutnya petugas tower memanggil, namun tidak ada jawaban dari pilot.

Baca juga: Jasad Pilot Pesawat Kargo Ditemukan di Kedalaman 13 Meter Danau Sentani

Tim SAR gabungan dan puluhan warga yang tinggal di sekitar Danau Sentani melakukan upaya pencarian sesaat setelah pesawat jatuh ke danau, menggunakan speed boat dan perahu nelayan. Sejumlah benda yang diduga kuat merupakan badan pesawat ditemukan oleh warga di perairan Danau Sentani.

Tim SAR kabupaten Jayapura berhasil menemukan Joyce Chaisin Lin dalam kondisi meninggal dunia di dasar Danau Sentani.

Usai jenazah korban ditemukan, jenazah korban langsung dievakuasi ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Papua. Sejumlah bagian badan pesawat juga telah di evaluasi dari dasar Danau.

Pasca kejadian tersebut, aktivitas penerbangan di bandara Sentani tidak terganggu. “Adapun dalam kecelakaan penerbangan ini tidak berdampak terhadap arus penerbangan di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura. Penerbangan ini merupakan penerbangan dukungan logistik dan tidak berpenumpang,” ujarnya.

Sementara itu, Humas Basarnas Jayapura, Yadianto mengatakan, hingga saat ini, pihaknya masih melakukan pencarian terhadap black box pesawat nahas tersebut.

"Untuk korban sudah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia dan sudah di evaluasi ke rumah sakit Bhayankara Polda Papua. Mohon doanya saat ini, kawan-kawan dari Tim SAR masih melakukan pencarian black box pesawat. Semoga cuaca hari ini bagus dan kami segera menemukan black box pesawat itu,” kata Yadianto.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini