Tim Gabungan Selidiki Penyebab Jatuhnya Pesawat yang Tewaskan Pilot AS di Sentani

Muhamad Rizky, Okezone · Selasa 12 Mei 2020 11:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 12 340 2212788 tim-gabungan-selidiki-penyebab-jatuhnya-pesawat-yang-tewaskan-pikot-as-di-sentani-hZSDZuIS2t.jpg Tim Basarnas tengah melakukan evakuasi jatuhnya pesawat kargo di Sentani (foto: Humas Polda Papua)

JAKARTA - Kepala Bidang Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal merinci jatuhnya pesawat kargo jenis kodiak K-100 dengan nomor registrasi penerbangan PK-MEC milik Mission Aviation Fellowship (MAF) yang terbang dari Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura menuju Distrik Mamit, Kabupaten Tolikara.

Menurut Musthofa, pesawat jenis kodiak K-100 dengan kode penerbangan PK - MEC milik MAF, take off sekira pukul 06.27 WIT dari Bandara Sentani menuju Distrik Mamid Kabupaten Tolikara.

Kemudian, dua menit setelahnya atau sekira pukul 06.29 WIT pilot pesawat Joyce Chaisin Lin (40) yang berkebangsaan Amerika Serikat (AS) memanggil tower.

"Mayday dan meminta RBT mendarat darurat, selanjutnya petugas tower memanggil namun tidak ada jawaban dari pilot, pesawat hilang kontak," kata Musthofa dalam keterangan resminya, Selasa (12/5/2020).

Musthofa mengatakan, pesawat tersebut jatuh saat membawa bahan logistik seperti sembako dan tidak berpenumpang. Adapun untuk penyebab jatuhnya pesawat masih dilakukan penyelidikan oleh tim gabungan.

Sejauh ini lanjut Musthofa, petugas gabungan telah menemukan bangkai dan pilot pesawat dalam kondisi sudah meninggal dunia dan dievakuasi ke Rumah Sakit Bhayangkara Jayapura.

"Saat ini Tim SAR gabungan telah mengevakuasi korban ke RS Bhayangkara untuk dilakukan tindakan medis. Sementara itu untuk badan pesawat talah berhasil dievakuasi dari dasar danau," tuturnya.

Musthofa menambahkan, kecelakaan penerbangan ini tidak berdampak terhadap arus penerbangan di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura. "Penerbangan ini merupakan penerbangan dukungan logistik dan tidak berpenumpang," tandasnya.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini